Breaking News:

Berita Merangin

Wujudkan Desa Sentra Ayam, Fakultas Peternakan Unja Lakukan Pendampingan di Desa Sidolego Merangin

Wujudkan Desa Sidolego sebagai sentra ayam, Fakultas Peternakan Universitas Jambi lakukan pendampingan pendampingan pada warga dalam pembuatan pakan f

ist
Wujudkan Desa Sentra Ayam, Fakultas Peternakan Unja Lakukan Pendampingan di Desa Sidolego Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Wujudkan Desa Sidolego Kabupaten Merangin sebagai sentra ayam, Fakultas Peternakan Universitas Jambi lakukan pendampingan pendampingan pada warga dalam pembuatan pakan fermentasi.

Dipilihnya pendampingan ke Desa Sidolego, Kecamatan Tabir LintasKabupaten Merangin atas kerjasama yang dilakukan pada 5 Januari 2021 lalu antara desa dan Fakultas Peternakan Universitas Jambi.

Disisi lain, Pemerintah Kabupaten Merangin juga telah menetapkan Desa Sidolego sebagai kawasan sentra ayam.

Prof Nurhayati selaku Dosen pendamping menyebutkan bahwa pewujudan desa sentra ayam itu juga didukung Komisi III DPRD Provinsi Jambi.

Untuk itu dosen di Fakultas Peternakan melakukan pendampingan ke desa tersebut dalam memanfaatkan limbah tanaman pisang dengan metode fermentasi.

Nantinya diharapkan dari fermentasi tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti pakan komersil.

"Pendampingan kita ke Desa Sidolego untuk mendukung dan mewujudkan desa sebagai Desa Sentra Ayam dalam Pemanfaatan Limbah Tanaman Pisang Fermentasi Sebagai Pakan Ayam Kampung Pengganti Pakan Komersil," katanya, Rabu (1/12/2021).

Nurhayati mengatakan bahwa untuk mensukseskan hal tersebut maka ayam harus dipelihara dengan menerapkan manajemen pembudidayaan yang baik. Diantaranya mencakup bibit, kandang, pakan yang diberikan serta pencegahan penyakit.

Disampaikannya, di Desa Sidolego telah dibangun kandang sentra ayam yang menjadi tanggung jawab bersama seluruh warga.

Bahkan pada rumah tangga, warga juga dibuat kandang ayam yang menjadi tanggung jawab kepala rumah tangga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved