Breaking News:

Warga Kerinci Kecewa Pemerintah Kurang Koordinasi, Bantuan Modal UMKM Batal Diusulkan

Sial dialami calon penerima bantuan modal UMKM yang berada di wilayah Kecamatan Tanco, Kabupaten Kerinci.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Tangkap Layar akun YouTube Tribun Jambi
Ilustrasi uang bantuan modal UMKM. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM KERINCI - Sial dialami calon penerima bantuan modal UMKM yang berada di wilayah Kecamatan Tanco, Kabupaten Kerinci.

Berkas mereka tak bisa diusulkan ditenggarai karena kurangnya koordinasi antar kecamatan dan pemerintahan Kabupaten Kerinci

Beberapa pelaku UMKM mengatakan, bahwa mereka mendapat informasi dari pemerintahan desa akan adanya bantuan modal bagi UMKM terdampak Covid-19 melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja. Dari informasi itu mereka langsung mengurus bahan untuk persyaratan menerima bantuan tersebut. 

"Kemarin kita dapat informasi dan hari ini 30 Nopember 2021 merupakan hari terakhir menyerahkan berkas persyaratannya," ujar mereka, Selasa (30/11). 

Setelah semua berkas mereka siapkan dalam waktu yang singkat, merekapun siap untuk mengantar usulan tersebut. Usulan diantar melalui kecamatan kemudian diteruskan ke Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci

"Karena Tanco merupakan Kecamatan baru, jadi berkas kita, kata orang Kecamatan Tanco dimasukan melalui Kecamatan sebelumnya yakni Kecamatan Danau Kerinci," jelasnya. 

Baca juga: Terkendala Lahan, Pembangunan Dermaga di Danau Kerinci akan Dipindah ke Kota Jambi

Namun sebutnya, saat mereka mengantarkan bahan tersebut ke Kecamatan Danau Kerinci, pihak kecamatan Danau Kerinci menolaknya. Dengan alasan tempat tinggal yang mengusulkan bukan berada di wilayah kecamatan Danau Kerinci.

"Saat kami mengantarkannya, orang kecamatan Danau Kerinci terlihat heran kenapa kami yang merupakan warga kecamatan Tanco menyerahkan bahan ke mereka. Dan bahan kami tidak diterima di Kecamatan Danau Kerinci," jelasnya. 

Mendapat penolakan lanjutnya, mereka lalu menghubungi pihak kecamatan Tanco mengenai hal itu. Dan solusinya yang didapatkan dari pihak kecamatan Tanco, bahan dirubah kembali yakni melalui Kecamatan Tanco.

Baca juga: Berada di Patahan Lempengan Bumi, Kerinci dan Sungai Penuh Berpotensi Rawan Bencana

"Dan kita sendiri yang disuruh mengantar langsung ke Dinas. Karena sudah tidak ada waktu lagi, niat tersebut kami urungkan. Sepertinya mereka antar kecamatan dan Pemkab tidak ada koordinasi. Kalau ada tentu bahan kita tidak sampai ditolak seperti ini," kesalnya.(*) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved