Breaking News:

Berita Jambi

Unja Bawa Produk Nenas Asal Jambi di Ajang KMI Awards 2021 di Brawijaya dan Gondol Juara 2

Berita Jambi-Mahasiswa Unja membawa produk dasar nanas Tangkit diolah menjadi produk-produk cemilan dan minuman di ajang Kewirausahaan Mahasiswa

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Mahasiswa Unja membawa produk dasar nanas Tangkit diolah menjadi produk-produk cemilan dan minuman di ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII. Yang digelar di Universitas Brawijaya Malang, November 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mahasiswa Unja membawa produk dasar nenas Tangkit diolah menjadi produk-produk cemilan dan minuman di ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII.

Ajang tersebut digelar di Universitas Brawijaya Malang, dan Unja bersaing dengan ratusan perguruan tinggi dan mendapat juara 2.

Area Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi Kota Jambi, memiliki sumberdaya nenas yang sangat luar biasa.

Mayoritas masyarakat area tersebut bergantung pada perkebunan nenas, nenas juga memang menjadi andalan petani Desa Tangkit Baru.

Meskipun begitu, permasalahan-permasalahan juga dirasakan oleh petani nenas Desa Tangkit Baru Sungai Gelam, di antaranya ketika musim panas yang membuat hasil panen buah nenas melimpah membuat petani banting harga murah, tidak jarang banyak buah nenas yang dibiarkan membusuk, karena tidak sempat terjual.

Dan kali ini mahasiswa Universitas Jambi (Unja) dengan nama Tim Gubuk Nenas, berhasil membawa olahan nenas Tangkit di ajang nasional yaitu ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII, yang digelar di Universitas Brawijaya Malang.

Chief Marketing Officer Gubuk Nenas Ibsti Qomariah mengatakan "Alhamdulillah tim Gubuk Nenas dapat kesempatan ikut dan mendapat juara 2 KMI lewat jalur KBMI (kegiatan berwirausaha mahasiswa Indonesia) yang diadakan dari kemendikbud," jelasnya.

Dengan produk asli Jambi yang ia bawa, ia bersaing kurang lebih dengan ratusan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang membawa produk andalan masing-masing.

"Di ajang KMI inilah, usaha kita bersaing dengan puluhan usaha mahasiswa dari berbagai universitas se-Indonesia, kurang lebih ada sekitar 251 perguruan tinggi yang turut berpartisipasi dan dibagi menjadi dua, 92 yang hadir secara luring dan selebihnya 159 perguruan tinggi mengikuti secara virtual atau daring," tambahnya.

Untuk produk yang dibawa oleh tim Gubuk Nenas terfokus pada pemanfaatan buah nenas di mana Jambi memiliki lahan pertanian nenas yang sangat luas yaitu di Desa Tangkit Baru.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved