Breaking News:

5 Anggota Pemuda Pancasila Terancam Dipenjara 5 Tahun, Buntut Pengeroyokan Perwira Polisi

Lima anggota Pemuda Pancasila (PP) ditetapkan sebagai tersangka kasus pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan Karosekali.

Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV
Sejumlah massa dari Pemuda Pancasila mendatangi Gedung DPR RI, Kamis (25/11/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Lima anggota Pemuda Pancasila (PP) ditetapkan sebagai tersangka kasus pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan Karosekali.

Diketahui, aksi pengeroyokan itu terjadi saat PP melakukan aksi unjuk rasa pada Kamis (25/11/2021) di depan Gedung DPR/MPR.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, para tersangka saat ini sudah ditahan dan sedang dalam proses penyelidikan.

"Para tersangka yang sudah kita tahan dan tentunya kita tetapkan sebagai tersangka dan sedang manjalani proses penyelidikan saat ini ada lima orang," ujar Zulfan di Polda Metro jaya, Jakarta, Selasa (30/11).

Dia juga menjelaskan, dari lima tersangka tersebut memiliki peran masing-masing saat melakukan pengeroyokan.

"Pertama AS (18), ia mengejar, menarik dan memukul korban menggunakan tangan kosong, kemudian WH (35) memprovokasi, mengejar dan memukul korban, dan DH (23) mengejar, memukul dan menendang korban,"

"Selanjutnya ACH (29) memukul korban menggunakan kayu, terakhir MBK (23), mengejar, menarik dan memukul korban dengan tangan kosong," katanya.

Baca juga: Berani Aniaya Perwira Polisi, Ternyata Ini Deretan Elite Politik yang Gabung Pemuda Pancasila

Akibat peristiwa itu, AKBP Dermawan mengalami luka serius di kepala bagian belakang hingga harus dirawat di RS Kramat Jati, Jakarta Timur.

Adapun barang bukti yang diamankan yaitu berupa seragam ormas PP milik para tersangka, celana, kaos, topi, handphone, gesper, sepatu, sebilah bambu, sweater dan KTP.

Para terangka, kata Zulfan, dijerat Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 212 KUHP  dan atau Pasal 216 KUHP dan atau Pasal 218 KUHP.

"Dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun 6 bulan," ujarnya.

Baca juga: Fakta Pemuda Pancasila yang Jarang Diketahui Publik, Ada Nama Jokowi dan Maruf Amin

Berita ini telah tayang di Kompas.tv

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved