Breaking News:

Kisah Nabi Daud yang Rendah Hati, Diberikan Mukjizat Ini Oleh Allah

Nabi Daud merupakan keturunan keturunan Nabi Ibrahim ke-12. Dia juga seorang raja yang perkasa.

Sumber: Twitter/Kompas.tv
Penggalian benteng era Nabi Daud di dataran tinggi Golan. Inilah kisah Nabi Daud lengkap, beserta mukjizat dan bisa diceritakan untuk anak-anak 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Nabi Daud merupakan keturunan keturunan Nabi Ibrahim ke-12. Dia juga seorang raja yang perkasa.

Nabi Daud adalah ayah dari Nabi Sulaiman, salah seorang yang Nabi yang terkenal dengan luasnya ilmu dan kerajaan megah yang ia miliki.

Dalam Al Qur'an kisah tentang Nabi Daud terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 246 tentang seorang Nabi dari golongan Bani Israel setelah wafatnya Musa.

"Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam.”

Jika Anda mengenal kisah David vs Goliath yang begitu terkenal, maka kisah itu diambil dari peristiwa Nabi Daud bersama Raja Thalut ketika berhadapan seorang raja zalim bernama Jalut. Kisahnya ada dalam kisah keperkasaan Nabi Daud berikut ini.  

Nabi Daud Perkasa Tapi Rendah hati

Awalnya, Bani Israil itu tidak mau menerima kedatangan Daud—waktu itu belum diangkat jadi Nabi, Bani Israil mereka merasa sosoknya lebih rendah dari kaum Bani Israil. Raja mereka, Thalut, juga sempat meragukan Daud. Tapi, hati kecilnya berkata, ia percaya pada Daud.

Suatu ketika, Thalut berhadapan dengan seorang raja zalim bernama Jalut dalam sebuah peperangan. Kerajaan Jalut memiliki kekuatan pasukan jauh lebih besar dibanding kerajaan Thalut.

Raja Thalut memang terkenal lihai, ia lantas memerintahkan Daud yang cekatan dan terkenal lihai, serta tangkas memimpin pasukan. Berkat kecerdikannya, pasukan itu berhasil memukul mundur raja zalim itu.

Dalam peperangan ini Jalut pun terbunuh, kemudian tentara Jalut menyerah, kemudian Daud diangkat menjadi raja.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved