Breaking News:

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, BI Optimis Pertumbuhan ekonomi 2022 Positif

Berita Jambi-Bank Indonesia Provinsi Jambi menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2021 dengan tema Bangkit dan Optimis

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, BI Optimis Pertumbuhan ekonomi 2022 Positif 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bank Indonesia Provinsi Jambi menggelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2021 dengan tema Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi.

Pertemuan tahunan Bank Indonesia 2021 merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahunnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H., Ketua DPRD Provinsi Jambi, Anggota Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jambi, Kepala Daerah Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jambi, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi, Pimpinan Lembaga dan Instansi wilayah Provinsi Jambi, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jambi, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Para Akademisi Provinsi Jambi dan Pimpinan Perbankan serta Korporasi se-Provinsi Jambi.

Dalam kata sambutannya Suti Masniari Nasution selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menyampaikan tiga poin penting yakni pertumbuhan ekonomi dan Inflasi Daerah, terkait dengan Prospek pertumbuhan ekonomi kedepan dan highlight Kontribusi Kantor Perwakilan Bank Indonesia
Provinsi Jambi selama Tahun 2021.

Kondisi perekonomian yang sempat tertahan sejak tahun 2020 sebagai dampak pandemi COVID-19, berangsur membaik walaupun belum pulih seutuhnya.

Meredanya kasus Covid-19 memberikan sentimen positif terhadap pemulihan perekonomian global.

"Perbaikan kondisi perekonomian global tentunya turut mendorong perbaikan ekonomi di Provinsi Jambi yang sebagian besar ditopang oleh komoditas primer. Setelah sempat terkontraksi sebesar 0,46% (yoy) pada tahun 2020, perekonomian Provinsi Jambi tumbuh terakselerasi di angka 5,39% dan 5,91% (yoy) berturut-turut pada triwulan-2 dan triwulan-3 tahun 2021," jelasnya.

Suti juga menyebut Bank Indonesia tetap optimis memandang prospek inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi tahun 2022. Inflasi di Provinsi Jambi diperkirakan akan tetap berada dikisaran 3±1% (yoy) guna mendukung pemulihan ekonomi Indonesia searah dengan sasaran inflasi nasional 2022-2024. Memperkuat program pengendalian inflasi daerah melalui TPID di level provinsi dan kabupaten/kota selaras dengan road-map pengendalian inflasi nasional 2022-2024 yang berfokus pada “Akselerasi Perbaikan Struktural dengan Mendorong Adopsi Digital untuk Stabilitas Inflasi dan Pemulihan ekonomi Menuju Indonesia Maju”.

"Provinsi Jambi tahun 2022 diperkirakan akan melanjutkan momentum pertumbuhan ekonomi di tengah meredanya pandemi secara gradual. Konsumsi diperkirakan akan kembali meningkat seiring dengan berbagai stimulus yang dilakukan terutama untuk mendorong konsumsi kelas menengah/atas dan perbaikan pendapatan sejalan dengan membaiknya kinerja sektor ekonomi utama," ujarnya.

"Ke depan, kita akan menghadapi berbagai tantangan dalam memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi Jambi, namun kita juga memiliki peluang dan kesempatan yang luas dalam rangka mewujudkan Jambi yang makmur, adil dan sejahtera, tentunya ditahun depan dengan sinergi, inovasi serta kolaborasi yang kita lakukan kita meyakini pertumbuhan yang positif dan lebih baik lagi kedepannya tentu berkat doa, sinergi, kerja keras bersama," tambah Suti.

Al Haris, Gubernur Provinsi Jambi yang hadir pada PTBI Tahun 2021 menyampaikan ucapan terima kasih kepada BI atas kerja keras dan langkah-langkah BI yang menjaga pertumbuhan ekonomi dan turut terjun langsung ke masyarakat.

"ekonomi suatu daerah tidak bisa dipilisahkan dengan Bank Indonesia, dan BI memilik tugas menstabilkan ekonomi Indonesia dan hari ini BI tidak lagi hanya bicara tentang mencetak uang, moneter dan sebagainya tapi BI harus sudah mulai langkah-langkah pendampingan sampai ke masyarakat seperti membina UMKM, petani dan kebudayaan artinya BI sudah go public, BI sudah ikut terjun langsung ke masyarakat, untuk itu Pemerintah Jambi sangan berterima kasih atas peran teman-teman BI yang sangat luar biasa," pungkasnya. (*)

Baca juga: Sosok Suti Masniari Nasution Kepala BI Provinsi Jambi Sempat Banting Setir dari Hukum ke ekonomi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved