Breaking News:

MTQ ke 51 di Kota Jambi

Pertama di Indonesia Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Pakai e-MTQ, Resmi Dibuka Wali Kota Fasha

Berita Jambi-Kota Jambi membuka lembaran sejarah baru, untuk pertama kalinya di Indonesia, pelaksanaan MTQ tingkat kota/kabupaten

Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Pertama di Indonesia, Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Pakai e-MTQ Wali Kota Fasha Buka MTQ ke-51 Tingkat Kota Jambi 

JAMBI - Kota Jambi membuka lembaran sejarah baru, untuk pertama kalinya di Indonesia, pelaksanaan MTQ tingkat kota/kabupaten memakai penilaian secara elektronik, melalui aplikasi e-MTQ yang diciptakan sendiri oleh Pemerintah Kota Jambi.

Untuk pertama kalinya pula, sempat tertunda akibat wabah pandemi Covid-19, pelaksanaan MTQ ke-51 Tingkat Kota Jambi tahun 2021, dilaksanakan kembali.

Bertindak sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Jambi tahun ini, Kecamatan Danau Sipin. Lantunan ayat suci Alquran bergema di bumi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, tepatnya di Gedung Ratu Convention Center (RCC). Dalam kesempatan itu, Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, membuka secara resmi perhelatan akbar MTQ ke-51 Tingkat Kota Jambi di tahun 2021 dengan memindai sidik jari pada layar sentuh, yang juga dirangkai dengan peluncuran aplikasi e-MTQ.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Jambi, kami menyambut gembira atas pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Jambi ini, harapan kami melalui MTQ ini kita dapat menanamkan kesadaran untuk dapat berperilaku sesuai tuntunan dan nilai Alquran. Pada hakikatnya MTQ sebagai momentum penting dan strategis untuk meningkatkan semangat dan kecintaan minat baca dan menghapal Alquran. Alquran harus kita jadikan pedoman dan pegangan hidup. Oleh karena itu, sepatutnya, kita senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat pelaksanaan MTQ selain bernilai ibadah, juga untuk mepersiapkan generasi Qurani Kota Jambi," ujar Fasha awali sambutannya.

Lebih lanjut Fasha ungkapkan bahwa pelaksanaan MTQ Kota Jambi kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya baik ditingkat kabupaten kota maupun provinsi karena pelaksanaan MTQ Kota Jambi mengadopsi penilaian secara elektronik.

"Malam ini kita melaunching pelaksanaan penilaian e-MTQ, di mana hasil nilai dewan hakim tidak bisa di kompromi, hasil penilaian akan langsung diketahui. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk pelaksanaan MTQ yang berintegritas. Kami mengajak semua kafilah, dewan hakim dan masyarakat untuk mensukseskan MTQ ini. Selalu junjung sportivitas, fokuskan pikiran selama bertanding, dan tunjukkan anda yang terbaik dalam pemahaman dan baca Alquran. Jadikan masyarakat yang anda wakili bangga," tegas Fasha.

Turut hadir pada acara pembukaan MTQ di Danau Sipin, Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM, jajaran Forkompimda Kota Jambi, Kemenag Provinsi Jambi, Kepala BI Perwakilan Jambi, Kepala OJK Perwakilan Jambi, Kepala Bank Jambi, Sekda Kota Jambi, jajaran Kepala OPD Pemkot Jambi, Camat, Lurah, Tokoh Agama dan masyarakat Jambi Kota Jambi.

Acara perhelatan MTQ yang dilaksanakan secara hybrid ini, dihadiri peserta yang terbatas dan disiarkan secara langsung melalui Youtube Channel Pemerintah Kota Jambi.

Acara pembukaan yang terbilang spektakuler ini, diawali dengan suguhan tarian kolosal pelajar tradisi "Begetok", yaitu tradisi turun menurun masyarakat untuk menangkul (menjala ikan secara tradisional red.) di Danau Sipin dan penyerahan hasil begetok dari sesepuh masyarakat Danau Sipin kepada Wali Kota Jambi dan jajaran Forkompimda, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan. Pembacaan ayat suci Alquran juga dilantunkan dengan syahdu oleh Qoriah terbaik Kota Jambi, Lutfiatun Nissa.

Upaya Pemerintah Kota Jambi dalam memberantas buta aksara Alquran serta membentuk generasi yang qurani terus digalakkan di Kota Jambi, termasuk dalam penyelenggaraan MTQ ke-51 Tingkat Kota Jambi kali ini. MTQ yang akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 24 hingga 28 November 2021 tersebut, diikuti 638 kafilah dari 11 Kecamatan dalam Kota Jambi.

MTQ ke-51 Tingkat Kota Jambi di Kecamatan Danau Sipin ini, juga disemarakkan dengan stand bazar yang berlangsung di arena utama lapangan parkir RCC Kota Jambi yang menampilkan berbagai potensi unggulan produk UKM dari seluruh kecamatan se-Kota Jambi.

Selain itu, kegiatan MTQ ini juga mempunyai multiplier effect peningkatan kapasitas ekonomi bagi masyarakat Kota Jambi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved