Breaking News:

Berita Tanjabbar

Sepakat Dua Raperda Inisiatif Pemkab dan DPRD Tanjabbar Dibahas dan Dibentuk Panitia Khusus

Berita Tanjabbar-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjabbar gelar rapat paripurna ketiga bahas dua raperda inisiatif

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/DANANG
Rapat anggota dewan Tanjabbar, 23 November 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjabbar gelar rapat paripurna ketiga bahas dua raperda inisiatif Pemkab Tanjabbar dan dua raperda inisiatif DPRD Tanjabbar yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Tanjabbar, Selasa (23/11/2021).

Rapat paripurna kali ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanjabbar, H Abdullah. Serta dihadiri Wakil Bupati Tanjabbar, Hairan, Sekda Tanjabbar dan Kepala OPD, serta Kepala Instansi Vertikal di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjabbar.

Rapat Paripurna ketiga ini dalam rangka penyampaian tanggapan Bupati terhadap Pemandangan umum anggota dewan terhadal dua raperda inisiatif Pemkab Tanjabbar.

Dalam Tanggapan Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat yang disampaikan oleh Wakil Bupati, Hairan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Tanjabbar atas saran, pendapat dan pertimbangan dalam rangka kesempurnaan pembentukkan rancangan peraturan daerah, yang disampaikan pada pemandangan umum fraksi pada rapat sebelumnya.

“Setelah menyimak dan memahami pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Tanjabbar, pada prinsipnya antara pemerintah daerah dan DPRD telah terdapat pemahaman dan pemikiran yang sama terhadap raperda tersebut,” ujarnya.

Wakil Bupati juga menambahkan, proses pembahasasan raperda yang dilakukan bersama antara DPRD dengan Pemerintah Daerah adalah dalam rangka menciptakan suatu produk hukum daerah yang mampu mewujudkan tatanan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan mengedepankan kepentingan masyarakat dan menjunjung tinggi keadilan yang berdasarkan hukum.

“Hal ini berarti bahwa pihak DPRD sebagai mitra yang sejajar dengan kepala daerah di dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan telah menempatkan diri pada proporsi sebagaimana yang telah dikehendaki peraturan perundang-undangan yang berlaku, karena pada dasarnya hubungan kemitraan pemerintah daerah dan DPRD memang harus dilandasi oleh kebersamaan yang diisi dengan saling pengertian, saling memahami dan rasa tanggung jawab,” ujarnya.

Bupati menyatakan sangat menyambut baik pernyataan-pernyataan dalam pemandangan umum fraksi-fraksi yang intinya sepakat untuk membahas lebih lanjut raperda yang telah disampaikan.

“Hal-hal yang belum jelas dan memerlukan pembahasan terutama beberapa permasalahan yang belum secara langsung dijawab, mari kita diskusikan pada tingkat pembahasan berikutnya," tutupnya.

Agenda paripurna dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan fraksi-fraksi DPRD atas pendapat Bupati terhadap 2 raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Tanjabbar.

Terakhir dilakukan Pembentukan panitia khusus DPRD terhadap pembahasan 2 raperda Inisiatif Pemkab Tanjabbar dan 2 raperda Inisiatif DPRD Tanjabbar. (*)

Baca juga: Atlet Tanjabbar Jihan Syafitri Raih Tiga Emas dalam Kejurnas Angkat Besi di Bogor

Baca juga: Seluruh Fraksi DPRD Setujui Dua Ranperda Inisiatif yang Diajukan Pemkab Tanjabbar

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved