Breaking News:

Banjir di Tanjab Barat

Wilayahnya Terendam Banjir Saat Hujan, Wabup Tanjabbar Soroti Hutan Gundul dan Pendangkalan Sungai

Berita Tanjabbar-Dalam beberapa hari terakhir beberapa wilayah di Kabupaten Tanjabbar terendam banjir yang diakibatkan..

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/DANANG
Wilayahnya terendam banjir saat musim hujan, Wabup Tanjabbar sebut hutan gundul dan pendangkalan sungai jadi penyebabnya 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Dalam beberapa hari terakhir beberapa wilayah di Kabupaten Tanjabbar terendam banjir yang diakibatkan hujan yang mengguyur di wilayah tersebut.

Pantauan Tribunjambi.com beberapa desa dan kecamatan di wilayah Ulu intensitas banjirnya cukup tinggi, dan saat hujan turun wilayah tersebut selalu terendam banjir.

Menanggapi hal ini Wakil Bupati Tanjabbar, Hairan mengatakan di musim hujan seperti saat ini banjir tidak hanya mennggenangi wilayah di Tanjabbar, namun juga beberapa wilayah di Provinsi Jambi dan Indonesia umumnya.

"Bukan hanya di Kabupaten Tanjabbar, tetapi beberapa kabupaten di provinsi Jambi bahkan Indonesia," ucapnya, Senin (22/11/2021).

Ia mengatakan di Tanjabbar sendiri ada enam kecamatan di ulu rata-rata terkena banjir yang terdampak karena faktor hujan, bukan karena faktor lain.

Lebih lanjut ia katakan disamping hujan, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya banjir ini.

Wakil Bupati Tanjabbar, Hairan
Wakil Bupati Tanjabbar, Hairan (TRIBUNJAMBI/DANANG)

"Setiap bulan 11 dan 12 sering banjir, itu karena dampak memang hutan kita yang gundul kemudian memang sungai kita yang mengalami pendangkalan," ujarnya.

Terakhir ia menjelaskan salah satu langkah untuk meminimalisir terjadinya banjir dengan melakukan penggalian sungai.

"Faktor bahwa memang hari ini hutan yang habis, makannya kita kedepan sebagai penyelenggara pemerintah harus bisa melaksanakan penggalian sungai, supaya tidak ada pendangkalan kembali," pungkasnya. (*)

Baca juga: Hujan Lebat, Jembatan Desa Rantau Benar Tanjabbar Hanyut Terbawa Arus Sungai

Baca juga: Persiapan Menghadapi Bencana Banjir, BPBD Provinsi Jambi akan Gelar Apel Senin Mendatang

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved