Breaking News:

Pembuatan Pupuk Organik Cair di Desa Ibru Kecamatan Mestong Kabupaten Muarojambi

Berita Jambi-Lahan di Desa Ibru umumnya berupa perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit, dan aneka macam tanaman pekarangan

Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Pembuatan Pupuk Organik Cair di Desa Ibru Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi 

DESA Ibru terletak di Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi dengan jarak kurang lebih 35 km dari Universitas Jambi desa tersebut merupakan Desa Binaan Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Kondisi topografi wilayah desa tersebut bergelombang dengan jenis tanah podsolik merah kuning dengan sebagian besar merupakan lahan tadah hujan.

Lahan di Desa Ibru umumnya berupa perkebunan karet, perkebunan kelapa sawit, dan aneka macam tanaman pekarangan seperti pisang, pepaya, jeruk dan lain lain .

Di desa tersebut terdapat budidaya tanaman obat dan rempah dalam karung/polibag, yang diusahakan oleh kelompok tani Tunas Makmur 1.

Budidaya tanaman obat dan rempah dalam karung merupakan solusi bagi wilayah wilayah marginal.

Budidaya dalam karung/polybag akan lebih bernilai apabila diberikan tambahan berupa pupuk organik. Salah satunya adalah pupuk organik cair.

Kelebihan pupuk organik cair adalah selain mengandung Nitrogen, fosfor dan K juga mengandung mikroorganisme fungsional (bakteri, jamur, dan fungi) yang berperan positif bagi tanaman, pupuk organik cair dari bahan tanaman juga mengandung zat pengatur tumbuh.

Teknologi pembuatan pupuk organik cair belum diketahui oleh kelompok tani Tunas Muda 1.

Tim Pengabdian pada masyarakat Fakultas Pertanian Universitas Jambi dari program studi Agroekoteknologi yang terdiri atas Hajar Setyaji, STP,MP, Dr, Ir Ridwan Muis, Ir. Suryanto, MS, Ir. Mukhsin MP dan Ir Arsyad A R, MS, kemudian berinisiatif untuk melakukan kegiatan pengabdian pada kelompok Tani Tunas Makmur 1 berupa pengenalan teknologi pembuatan pupuk cair dan cara pengaplikasiannya pada budidaya tanaman obat dan rempah.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam 5 tahap kegiatan, yaitu pendekatan pada masyarakat, sosialisasi kegiatan, demontrasi pembuatan teknologi pupuk cair, pengaplikasian hasil kegiatan pembuatan pupuk organik cair, evaluasi kegiatan dan pembinaan pasca kegiatan pengabdian.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved