Breaking News:

Berita Nasional

Saat Jadi Tersangka, Mantan Dirut PT Pelindo II RJ Lino Pernah Disuruh Jokowi Mundur

Mantan Direkur Utama Pelindo II, Richard Joost Lino atau RJ Lino memberi pernyataan kalau ia diminta Presiden Jokowi mundur

Editor: Rahimin
Tatang Guritno/ Kompas.com
RJ Lino sebelum menghadapi sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (11/11/2021). Saat Jadi Tersangka, Mantan Dirut PT Pelindo II RJ Lino Pernah Disuruh Jokowi Mundur 

TRIBUNJAMBI.COM - Mantan Direkur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Richard Joost Lino atau RJ Lino buat pengakuan mengejutkan.

RJ Lino bercerita pernah dipanggil Menteri BUMN periode 2014-2019, Rini Soemarno terkait kasus yang menjeratnya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK menetapkan RJ Lino sebagai tersangka pada 2015 lalu.

Empat hari setelah ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK pada Selasa siang 22 Desember 2015,  Rini Soemarno memanggilnya.

“Selasa siang, 22 Desember 2015, saya dipanggil Ibu Rini, Menteri BUMN, ke kantor beliau,” katanya saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kamis (18/11/2021).

RJ Lino bilang,  dalam pertemuan itu Rini Soemarno menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo yang meminta ia mundur sebagai Direktur Utama PT Pelindo II.

RJ Lino meminta kepada Rini Soemarno agar disampaikan pada Jokowi kalau ia tak ingin mengundurkan diri, tetapi meminta supaya dipecat.

“Saya minta dipecat, dan menurut saya itu sangat terhormat,” katanya. 

Kenapa ia minta dipecat, alasannya tidak ingin mengundurkan diri karena merasa tidak bersalah dalam proses pengadaan quay container crane (QCC) di PT Pelindo II tahun 2010.

“Untuk case ini saya tidak salah, saya perform sangat sangat baik sebagai Dirut Pelindo II, beberapa kali terpilih sebagai the best CEO. Sehingga untuk saya, saya merasa terhormat kalau dipecat,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved