Breaking News:

Persiapkan Tenaga Kerja Profesional, Disnaker Tanjabbar adakan Penyuluhan bagi Pencari Kerja

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjabbar mengadakan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di gedung pola Kantor Bupati Tanjabbar.

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Danang
Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjabbar mengadakan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di gedung pola Kantor Bupati Tanjabbar, Kamis (18/11/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjabbar mengadakan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di gedung pola Kantor Bupati Tanjabbar, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat dan dihadiri juga oleh Ketua Komisi III DPRD Tanjabbar.

Narasumber dalam kegiatan ini dari kementerian Ketenagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja dan Tramsmigrasi Provinsi Jambi.

Sedangkan Peserta dalam kegiatan ini merupakan pencari kerja yang terdaftar pada dinas tenaga kerja Tanjabbar sebanyak 50 orang dan siswa-siswi SMK Negeri 1 Tanjabbar.

Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat mengatakan kegiatan ini merupakan dalam rangka pembangunan Ketenagakerjaan, sesuai program Pemerintah Tanjabbar.

"Kegiatan ini dalam rangka menciptakan hubungan industrial yang kondusif dan harmonis, serta memberikan pelayanan informasi, kesempatan atau peluang lapangan kerja bagi angkatan kerja di Tanjabbar," ujarnya.

Baca juga: Bupati Anwar Sadat Kukuhkan Pengurus Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Tanjabbar

Ia menambahkan saat ini masih banyak kesempatan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan Nasional di Tanjabbar, maka ia perpesan agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjabbar, Dianda Putra mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini untuk memberikan informasi tentang dunia kerja.

"Sebagai wadah membantu masyarakat dalam mengetahui informasi tentang hal-hal yang terkait dengan dunia kerja, sehingga dapat mempersiapkan sejak dini dengan merencanakan karirnya," ujarnya.

Selain itu juga ia katakan untuk memberikan informasi persyaratan kerja agar pencari kerja mampu mempersiapkan diri.

"Memberikan informasi tentang persyaratan kerja yang ditentukan oleh dunia kerja sehingga para pencari kerja mampu mempersiapkan diri dan mengembangkan dirinya sesuai persyaratan kerja yang semakin spesifik, inovatif, professional, dan padat teknologi," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Tradisi Lesung Betingkah di Dusun Aur Gading Kelurahan Lubuk Kambing Kabupaten Tanjab Barat

Lebih lanjut ia menjelaskan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pekerja dan memberdayakan tenaga kerja lokal yang selama ini menjadi permasalahan, karena kualitas tenaga kerja lokal yang masih terbatas.

Selain itu juga pihaknya akan memperbanyak kegiatan-kegiatan pelatihan untuk meningkatkan soft skill para pekerja, pelatihan desain, pelatihan menjahit, pelatihan, pelatihan membatik untuk memperluas kesempatan kerja di sektor wirausaha.

"Keterampilan berbasis kompetensi, menjahit, ngelas, desain grafis, komputer dan lain sebagainya, kalau mereka sudah berhasil memenuhi standar dan mendapatkan sertifikat dari nasional, nanti bisa kami salurkan langsung ke perusahaan-perusahaan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved