Breaking News:

Nirwan Paparkan Peran Penting Sejarah dan Budaya Jambi

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Jambi Nirwan Il Yasin, memaparkan persoalan sejarah dan kebudayaan Jambi serta tantangan yang harus dihadapi.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Teguh Suprayitno
capture zoom
Suasana seminar pengabdian kepada masyarakat fakultas keguruan dan ilmu pendidikan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Jambi melalui aplikasi zoom meeting. 

TRIBUNJAMBI.COM - Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Jambi Nirwan Il Yasin, memaparkan persoalan sejarah dan kebudayaan Jambi serta tantangan yang harus dihadapi di era serba cepat dan mengalami perubahan yang besar-besaran.

Terlebih apabila ditinjau dari peran penting sejarah dan budaya Jambi dalam membentuk identitas bangsa dan masyarakat.

Keadaan ini terjadi ketika sejarah dan budaya punya peran besar sebagai jati diri suatu wilayah.

"Sejarah dan budaya Jambi tersebar di kabupaten kota di wilayah Provinsi Jambi, dan ini menjadi potensi yang besar agar generasi muda dan masyarakat umum menyadari bahwa Jambi punya sejarah yang panjang," ujarnya dalam kegiatan seminar pengabdian yang dilaksanakan baru-baru ini.

Nirwan berharap melalui sosialisasi yang mengangkat tema diseminasi pemetaan tinggalan-tinggalan sejarah dan budaya Jambi pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dan Pengendalian Penduduk, maka ke depan Forum Anak Jambi ini akan memberi informasi dan menginspirasi sehingga memberi pengaruh yang positif.

Baca juga: Tugas Pertama di Sumatera, Kolonel Czi Sriyanto Terkesan pada Budaya Melayu Jambi

"Selain itu pengetahuan dan semangat untuk mencintai sejarah Jambi dan budayanya agar terus ada dalam programnya. Tanggung jawan bersama mengangkat sejarah Jambi dan budayanya lebih terlaksana," kata dia.

Kegiatan ini berjalan dengan harapan dan melibatkan diri memberi informasi dan ciri khas kegiatan yang ada konten sejarah lokal dengan bertema sejarah dan budayanya.

"Kontribusi besar generasi muda milenial hari ini tidak hanya tahu sejarah Jambi dan budayanya, tapi juga harus menjaga dan melestarikan agar identitas tinggalan sejarah itu terus ada sebagai bukti bahwa Jambi punya sejarah yang panjang dalam perkembangannya," tutupnya.

Baca juga: Festival Seni dan Budaya di Candi Muarojambi Digelar, Libatkan Belasan Komunitas

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved