Breaking News:

Jambi Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Diprediksi Terjadi Besok hingga Lusa

Potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi terjadi pada Rabu hingga Kamis (17-18/11).

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Teguh Suprayitno
The West Australian
lustrasi hujan petir 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Samsul Bahri

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi terjadi pada Rabu hingga Kamis (17-18/11).

Hal ini disampaikan oleh Kepala BMKG Kelas I Sulthan Thaha, Ibnu Sulistyono di Jambi, Selasa (16/11/2021). 

Ibnu menyebutkan bahwa potensi hujan tersebut akan terjadi disertai petir dan angin kencang. Terhadap hal ini, masyarakat secara umum diminta untuk mewaspadai diri. 

"Penyebabnya karena konvergensi massa udara sehingga menyebabkan terkumpulnya awan termasuk awan cumolonimbus atau awan CB atau awan konventif sehingga berpotensi untuk terjadinya hujan yang disertai angin kencang dan petir, " katanya. 

Lebih lanjut disampaikan oleh Ibnu bahwa untuk periode puncak musim hujan di November hingga Desember ini rata-rata terjadi pada pukul 14.00 hingga 18.00 wib dan pada pukul 22.00 hingga 04.00 wib.

Baca juga: Masuki Musim Hujan Alat Pengukur Ketinggian Air Sungai Batanghari Rusak, BPBD Mengacu ke BMKG Jambi

Baca juga: Memasuki Musim Hujan, Dinkes Provinsi Jambi Ingatkan Waspada DBD

"Jadi potensi hujan itu dari siang menjelang sore hari dan pada malam hingga perkiraan dini hari. Jadi waktu kejadian rata-rata diperkirakan pada jam tersebut," ungkapnya. 

Lebih lanjut disampaikan olehnya terdapat adanya sirkulasi tertutup (eddy) di sebelah barat Kalimantan Barat yang menyebabkan terbentuknya pola belokan angin shearline. Hal ini dapat memicu terjadinya pertumbuhan awan konvektif di sekitar wilayah Provinsi Jambi

"Untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi saja. Kepada masyarakat antara lain segera masuk ruangan saat terdengar petir, hindari tanah lapang, pohon, jauhi menara dan tiang listrik, " pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved