Breaking News:

Berita Jambi

2022 Gubernur Jambi Melalui BLK Provinsi Jambi Adakan Pelatihan Kerja di Pondok Pesantren

Berita Jambi-Gubernur Jambi Al Haris dengan program Dumisake-nya, melalui Balai Latihan Kerja (BLK) pada 2022 akan mengadakan pelatihan keterampilan

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
tribunjambi/monang
2022 Gubernur Jambi Melalui BLK Provinsi Jambi Adakan Pelatihan Kerja di Pondok Pesantren 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris dengan program Dumisake-nya, melalui Balai Latihan Kerja (BLK) pada 2022 akan mengadakan pelatihan keterampilan dengan sasaran pondok pesantren.

Ini untuk mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) di pesantren di bidang teknologi dan inovasi.

Kepala BLK Provinsi Jambi, Yahya Buwaiti, menyatakan kegiatan ini untuk mendukung program Gubernur Jambi, Dumisake, dalam meningkatkan softskill, keterampilan, dan keahlian bagi para santri.

"Program Dumisake ini salah satunya ada program untuk meningkatkan softskill keterampilan, keahlian, bagi anak anak pondok pesantren. Jadi anak-anak pondok pesantren, di 2022 akan dilatih oleh BLK Disnakertrans," ungkap Yahya, Senin (15/11/2021).

Dirinya menyebutkan, di 2022 nanti akan ada 60 pondok pesantren yang akan diberi pelatihan dari program Dumisake ini.

Kemudian di antaranya ada 35 pondok pesantren yang telah memiliki BLK Komunitas yang telah dibangun oleh pemerintah pusat.

"Jadi pesantren yang ada BLK Komunitasnya, di sana sudah tersedia gedung pelatihan sendiri untuk BLK Komunitas yang dibangun oleh pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan," ujarnya.

Dengan ini tentu program Gubernur Jambi sejalan dengan program pusat oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dengan adanya pelatihan yang menyasar para santri ini, Yahya berharap program tersebut dapat menjadikan Provinsi Jambi menjadi role model bagi daerah-daerah lain dalam menjalankan program pelatihan kerja bagi santri.

"Gubernur Jambi pun mendapatkan apresiasi dari Direktur Bina Penyelenggara Pelatihan Informasi Permagangan. Yang mana pusat menginginkan Provinsi Jambi dapat menjadi role model karena gubernurnya yang antusias dalam mengadakan program pelatihan kerja untuk pondok pesantren," katanya.

Sementara itu ia menjelaskan BLK Komunitas yang akan diberi pelatihan untuk pondok pesantren yakni bidang kelistrikan, menjahit, komputer, las, dan bidang keterampilan lainnya.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Di Hadapan Dewan, Al Haris Perkenalkan Program Dumisake dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Sentusa

Baca juga: Al Haris Ucapkan Terima Kasih ke Menteri Pertanian, Ekspor ke Pakistan Kembali Terjadi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved