Breaking News:

Tinggi Air Sungai Batanghari di Kota Jambi 14,15 Meter, Air Danau Sipin Meluap

Tinggi air sungai Batanghari saat ini mencapai 14,15 meter berdampak pada kondisi dari Danau Sipin yang berada di kawasan Telanaipura, Kota Jambi.

Tribunjambi/Monang
Tinggi air sungai Batanghari saat ini mencapai 14,15 meter berdampak pada kondisi dari Danau Sipin yang berada di kawasan Telanaipura, Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tinggi Sungai Batanghari di Kota Jambi mengalami kenaikan debit yang cukup drastis dalam beberapa waktu terakhir ini.

Hal ini diungkapkan oleh Syahrudin, selaku Pencatat Debit Air Sungai Batanghari, di kawasan Tanggo Rajo, Ancol Jambi.

Dirinya menyatakan, tinggi air sungai Batanghari saat ini mencapai 14,15 meter, pada Sabtu (13/11/2021) siang.

Dijelaskannya pula, bahwa tinggi air sungai Batanghari ini akan terus berubah-ubah menyesuaikan curah hujan di daerah hulu sungai.

"Saat ini ketinggian air mencapai 14,15 meter. Mencapai angka 14 meter ini sejak Jumat kemarin (12/11/2021) dan sekarang naik 0,15 meter," ungkapnya.

Ia mengungkapkan untuk daerah hulu sungai Batanghari sendiri antara lain Tebo, Bungo, Merangin, dan Kerinci. Kemudian juga sebagian daerah Sumatera Barat mempengaruhi ketinggian air di Kota Jambi.

Adapun status dari ketinggian sungai Batanghari saat ini, diungkapkan Syahrudin berada di level Siaga III.

"Meski sudah mencapai angka 14 meter, namun status saat ini masih siaga III. Sebab batas dari siaga III berada di angka 13,87 meter, siaga II di 14,37 meter, dan siaga I di 14,87 meter," paparnya.

Sementara itu, ketinggian Sungai Batanghari yang mulai mencapai angka 14,15 meter ini, pun berdampak pada kondisi dari Danau Sipin yang berada di kawasan Telanaipura, Kota Jambi.

Tampak pantauan Tribun Jambi di area Wisata Danau Sipin pada Sabtu (13/11/2021) siang, kondisi pedestrian dari area wisata Kota Jambi itu pun tergenang air dengan ketinggian sekira pinggang orang dewasa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved