Breaking News:

Berita Jambi

Tak Punya Tempat Pengolahan Sendiri, Limbah Medis di Jambi Dibuang ke Luar Daerah

Jambi tidak memiliki tempat pengolahan sampah medis berasal dari rumah sakit. Sehingga rumah sakit harus mengirimkan sampah medisnya ke luar daerah.

Tribunjambi/Monang
Direktur Rumah sakit Raden Mattaher, Feri Kusnadi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jambi tidak memiliki tempat pengolahan sampah medis yang berasal dari rumah sakit.

Sehingga rumah sakit di Jambi harus mengirimkan sampah medisnya ke luar daerah di Provinsi Jambi.

Satu di antaranya adalah RSUD Raden Mattaher yang mana rumah sakit umum milik Provinsi Jambi ini mengirimkan sampah medisnya ke daerah Bekasi dan Tangerang.

Direktur Rumah sakit Raden Mattaher, Feri Kusnadi menyampaikan, terkait penimbunan limbah medis seperti di antaranya berupa jarum suntik, alat pelindung diri (APD), botol infus, dan sebagainya, pihaknya melalui bidang sarana dan prasarana hanya menyediakan tempat pengumpulan limbah dan tidak dikelola atau ditimbun.

Ungkap Feri, di Jambi bahkan di Sumatera pun belum ada memiliki tempat penimbunan limbah medis atau yang biasa disebut limbah B3.

Dengan adanya kerjasama yang dilakukan oleh setiap pihak rumah sakit di Jambi dengan pihak ketiga yakni untuk mengantarkan penampungan limbah B3 tersebut dari rumah sakit dan dibawa ke Bekasi dan Tanggerang.

"Limbah itu diangkut dari rumah sakit dan dibawa ke Bekasi dan Tanggerang (sampai ke tempat pengelolaan terkahir)," katanya.

Ditanya mengenai anggaran terhadap pengangkutan limbah Covid, Feri Kusnadi menerangkan, anggaran itu sudah disiapkan oleh pihak rumah sakit.

Akan tetapi nominal yang dianggarkan oleh bidang sarana dan prasarana untuk pengangkutan tersebut tergantung dengan volume limbah yang diangkut.

"Itukan sesuai volume limbah, setelah diangkut lalu ditimbang, habis itu baru tau berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pengantaran limbah B3 tersebut," tutupnya.

Baca juga: Maulana Sebut Limbah Medis Vaksin Covid-19 di Kota Jambi Tertangani Baik

Baca juga: Limbah Medis Berserakan di TPA Tanjabtim, Ada Selang Oksigen Pasien Hingga Tabung Jarum

Baca juga: Edukasi Pengolahan Limbah Medis Klaster Covid-19 Keluarga Besar, Pasien Olah Limbah Sebelum Dibuang

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved