Breaking News:

Berita Merangin

KNPI Merangin Usul Jenderal Hoegeng Diusukan Jadi Pahlawan Nasional

Berita Merangin - DPD KNPI Merangin mengusulkan Kapolri ke-5 Jenderal (Purn) Hoegeng menjadi pahlawan nasional

Tribunjambi/darwin
Ketua DPD KNPI Merangin, Marliyos saat berbincang dengan Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy P bersama KNPI dan OKP di Kabupaten Merangin, Rabu (10/11/2021) malam. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Suara gerakan mendukung Kapolri ke-5 Jenderal (Purn) Hoegeng menjadi Pahlawan Nasional digaungkan pada Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021 di Kabupaten Merangin.

Dukungan jadi Pahlawan Nasional itu disampaikan Ketua DPD KNPI Merangin, Marliyos saat berbincang dengan Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy P bersama KNPI dan OKP di Kabupaten Merangin, Rabu (10/11/2021) malam.

Ngobrol yang berlangsung di Mlangun Coffe itu Marliyos menyampaikan usulan itu ditujukan pada pemerintah Republik Indonesia melaui AKBP Irwan Andy agar disampaikan ke Kapolri, Jenderal Listyo Sigit.

"Pak Kapolres, kami pemuda Merangin di Hari Pahlawan Nasional ini mengusulkan Alm Jenderal Hoegeng diberi gelar sebagai Pahlawan Nasional," ujar Maliyos.

Menurutnya, patutnya Jenderal Hoegeng diberi gelar tersebut dengan melihat jasa terhadap bangsa dan keteladanan yang diakui serta menjadi contoh bagi semua elemen.

"Contoh sederhana beliau ke kantor saja selalu pakai sepeda, diberi fasilitas mewah tidak mau cukup tinggal dirumah pribadi dibandingkan rumah dinas dan banyak lagi keteladan luar biasa yang tidak bisa diuraikan," ungkapnya.

Untuk itu Marliyos berharap agar Kapolres Merangin dapat menyampaikannya ke Kapolri agar diusulkan ke Presiden Jokowi Dodo untuk mendapatkan gelar pahlawan.

"Jadi sekali tolong sampaikan pak Kapolres ke pemerintah juga, sengaja saya sampaikan lansung ke Pak Kapolres tidak melalui surat, biar lebih afdol," tambah Marliyos.

Menanggapi itu, Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy mengamini dan mengenang keteladanan Jenderal Hoegeng.

Kapolres mengatakan bahwa citra Jenderal Hoegeng merupakan keteladanan bagi aparat Kepolisian.

"Insyallah siap kita sampaikan ke pimpinan. Memang keteladanan beliau sangat diakui, banyak hal yang tidak bisa kita sebutkan tentang beliau. Teladan bagi Kepolisian," ucap Kapolres.

Kapolres menyebutkan bahwa Jenderal Hoegeng menjadikan aparat Kepolisian bisa menjadi sahabat, temannya masyarakat. Bagaimana Polisi bisa mengayomi masyarakat itu juga merupakan teladan yang diajarkan Jenderal Hoegeng.

"Beliaupun saat menjabat sebagai Kapolri turun dari mobil pun beliau ikut mengatur lalu lintas. Memang semua Polri patut meneladani beliau," tukas Kapolres.

Baca juga: Hubungan Kasino Warkop DKI dan Kapolri Jenderal Hoegeng Akhirnya Terungkap, Dikomentari Banyak Orang

Baca juga: Kisah Kapolri Jenderal Hoegeng Terdiam di Makam Soekarno, Pelayat Panjangnya 11 Km

Baca juga: Mengenang 99 Tahun Kelahiran Jenderal Hoegeng, Polisi Jujur yang Disebut Gusdur Dalam Humornya

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved