Breaking News:

Berita Batanghari

Fase Pertama Tahun 2021 Sebanyak 30 KK di Kelurahan Muara Bulian Batanghari Akan Direlokasi

Pihak Kelurahan Muara Bulian Kabupaten Batanghari sampai saat ini masih menunggu kelengkapan administrasi rumah warga yang akan direlokasi.

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Wira
Rusdi Majid Lurah Muara Bulian 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pihak Kelurahan Muara Bulian Kabupaten Batanghari sampai saat ini masih menunggu kelengkapan administrasi rumah warga yang akan direlokasi.

Permukiman warga yang berada di lorong rang kayo hitam Kelurahan Muara Bulian akan dipindahkan ke Samping Pasar Ternak Kelurahan Rengas Condong.

Pasalnya rumah-rumah tersebut terancam amblas, kondisinya sangat memprihatinkan setelah terlihat bagian dapur sudah mulai terkikis oleh aliran sungai.

Setidaknya ada empat RT dengan jumlah 72 KK yang akan direlokasi dipenghujung tahun ini. Fase pertama didahulukan untuk 30 KK bagi rumah yang paling rawan.

"Kalau saya baca datanya bahwa 30 KK yang relokasi fase pertama itu untuk berkasnya sudah mendekati 100 persen, meski ada kekurangan sedikit itu bakal dilengkapi," kata Rusdi Majid Lurah Muara Bulian kepada Tribunjambi.com, Kamis (11/11/2021).

Sedangkan fase kedua dengan jumlah 42 KK kata Lurah masih banyak kekurangan terkait administrasinya. Kendati demikian ia imbau kepada masyarakat mohon dan segera untuk melengkapi berkas-berkasnya jangan sampai keteteran menjelang mendekati waktu direlokasi.

“Ini tugas kita sebagai kelurahan untuk mengimbau dan mengajak warga-warganya sekaligus RT dan RW untuk membantu menyiapkan segala sesuatu administrasi bagi warga yang bakal direlokasi. Saya imbau dan mengajak untuk dilengkapi,” ujarnya.

Ia menjelaskan kelengkapan administrasinya seperti kepemilikan rumah, asal-usul rumah, siapa yang pindah namanya harus satu. Jangan sampai yang tertera nama orang tua tapi yang pindah anaknya. Untuk itu segera dilengkapi sporadik, KK, KTP surat tanah atau sertifikat tanah.

Pihak kelurahan kata dia sudah berupaya untuk mengimbau dan melakukan sosialisai agar warga menyiapkan kelengkapan administrasi secepat-cepatnya.

“Fase pertama nanti warga akan pindah pada akhir Desember karena rumahnya secara fisik sudah mendekati 80 persen. Sedangkan fase kedua dimulai Januari-Februari untuk mulai pembangunan,” ucapnya.

Sebanyak 30 KK pada fase pertama ini sudah siap, pihaknya pun telah membimbing warga untuk pengurusan di Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Batanghari.

Lanjutnya dikatakan Lurah bahwa mereka ini nanti akan berdomisili di Kelurahan Rengas Condong dan eks permukiman nanti akan dibuat ruang terbuka hijau oleh Pemda dilengkapi dengan sarana bermain dan lokasi untuk bersantai.

“Kita belum ada kendala hanya saja kelengkapan administrasi dari warga yang direlokasi belum semuanya rampung untuk fase kedua. Karena program ini memang dibutuhkan oleh warga yang tinggal di bantaran Sungai Batanghari dan masuk kategori paling rawan bencana,” pungkasnya.

Baca juga: Peringati HDKD 2021, LPKA Muara Bulian Potong Tumpeng Hingga Serahkan Hadiah ke Anak Didik

Baca juga: Marak Aksi Balap Liar di Muara Bulian, Bupati Batanghari Perintahkan Satpol PP untuk Berbuat Ini

Baca juga: DPRD Batanghari Ungkap Utang Pemda ke RSUD Hamba Muara Bulian Capai Rp 2 Miliar

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved