Breaking News:

Berita Jambi

Cerita Pengupas dan Pemilah Pinang di Muarojambi, di Balik Kesuksesan Ekspor ke Pakistan

Berita Jambi-Buah Pinang Jambi kini sudah mulai ekspor keluar negeri. Ini menjadi geliat usaha yang tentunya akan memperbaiki perekonomian

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Nani Rachmaini
SAMSUL BAHRI/TRIBUNJAMBI.COM
Cerita pengupas dan pemilah pinang dibalik kesuksesan buah pinang yang ekspor ke Pakistan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Buah Pinang Jambi kini sudah mulai ekspor keluar negeri. Ini menjadi geliat usaha yang tentunya akan memperbaiki perekonomian masyarakat.

Tentu keberhasilan ini tidak hanya dari pemerintah dan pengusaha, ada kisah-kisah di balik kesuksesan buah pinang Jambi dengan kualitas bagus yang dibawa ke luar negeri.

Ada pengupas dan pemilah buah pinang yang teliti untuk mendapatkan buah pinang kering yang siap ekspor.

Aminah, perempuan tangguh diusia 56 tahun ini masih semangat untuk bekerja menjadi pengupas buah pinang di salah satu tempat usaha pinang di daerah Kumpeh, Kabupaten Muarojambi. Kedua tangannya begitu lincah untuk mengupas buah pinang yang masih berada di kulit pinang.

Tidak ada waktu untuk bermain-main bagi Aminah untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari jasanya untuk mengupas buah pinang.

Tidak hanya itu, selain mengupas Ia juga harus memilah buah pinang yang busuk dengan buah pinang yang layak untuk dimasukkan kedalam kategori pinang yang bagus.

"Tugas kita itu membelah pinang yang sudah kering. Kemudian baru kita kupas dan kita pilah mana yang bagus sama buruk,"ungkap ibu dengan tiga orang anak ini.

Aminah dan rekan lainnya harus berkutat dengan waktu untuk memperoleh upah yang banyak yang diharapkannya untuk bisa membantu sang suami yang bekerja sebagai pencari ikan. Kebutuhan sehari-hari yang kian mahal disebut Aminah harus membantu sang suami untuk kehidupan sehari-hari.

"Kalo upahnya itu hitung perkilo. Satu hari berapa kilo kita dapat itu lah yang di bayar," sebutnya.

Kata Aminah, Ia memulai pekerjaan mengupas dan memilah tersebut dari pukul 08.00 wib sampai pukul 16.00 wib dengan waktu istirahat siang lebih kurang setengah jam. Ia menyebut, dengan waktu tersebut Ia bisa mendapat 40 kilo pinang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved