Breaking News:

Ini Alasan Penting Konsultasi dengan Ahli Gizi, Terutama Bagi yang Memiliki Riwayat Penyakit

Berita Kesehatan-Bagi orang kebanyakan ketika masuk rumah sakit tidak memperdulikan atau mengesampingkan berkonsultasi dengan ahli gizi.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
pixabay.com
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Bagi orang kebanyakan ketika masuk rumah sakit tidak memperdulikan atau mengesampingkan berkonsultasi dengan ahli gizi.

Hal ini dikarenakan kebanyakan pasien menganggap tidak terlalu penting konsultasi dengan ahli gizi saat sakit.

Tapi justru sebaliknya, Kasyani, Dosen Program Studi Ilmu Gizi STIKes Jambi mengatakan, penting bagi kita untuk konsultasi dengan ahli gizi terutama saat tubuh sedang tidak fit atau bahkan sedang sakit.

Hal ini karena kita perlu tahu apa saja asupan gizi yang dapat kita konsumsi untuk mendukung pemulihan tubuh saat kita sakit.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tepat tentu dapat menjaga daya tahan dan imunitas tubuh kita.

"Konsultasi dengan ahli gizi penting, tubuh kita ini untuk bertahan dan bekerja, baik itu untuk bergerak, organ didalam tubuh, butuh gizi atau nutrisi. Untuk bernafas bahkan kita tidur pun membutuhkan zat gizi, maka dari itu kita harus menkonsumsi atau asupan gizi sesuai dengan kondisi kita," ujarnya, Selasa (9/11/2021).

"Kalo memang ada yang dirawat atau menderita penyakit tertentu memang harus konsultasi dengan ahli gizi rumah sakit, insyaallah di tiap-tiap rumah sakit itu ada ahli gizi yang memang di bidangnya," tambah Kasyani.

Tentunya jika berkonsultasi dengan ahli gizi harus menceritakan riwayat penyakit dan keluhannya.

Bagi si sakit, konsumsi makanan juga harus memperhatikan kualitas makanan, misalnya bagi yang hipertensi bisa membatasi konsumsi natriumnya, tapi tetap gizi seimbang dan konsumsi lauk pauk yang beragam.

"Kita harus sesuaikan diet makanannya sehari-hari pembatasnya sesuai dengan penyakitnya misalnya kalo diet, dia lebih fokusnya kearah karbonya yang karbohidrat sederhana seperti itu, lalu kalo hipertensi biasanya disuruh membatasi jumlah konsumsi garam dan produk yang ada natriumnya di produk apapun itu, kalo ada maag tentu hindari makanan yang asam," pungkasnya. (*)

Baca juga: Cara Meningkatkan Imunitas Selama Pandemi Menurut Ahli Gizi, Konsumsi Protein Nabati dan Hewani

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved