Breaking News:

Berita Tanjab Barat

Wawancara Ekslusif Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat, Bicara Potensi Pertanian, Pinang Hingga Kopi

Kabupaten Tanjab Barat banyak mempunyai potensi pertanian. Seperti pinang dan Kopi. Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat bicara soal potensi tersebut

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Rahimin
DANANG/TRIBUNJAMBI.COM
Wawancara Ekslusif Bersama Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat. Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat Bicara Potensi Pertanian, Pinang Hingga Potensi Kopi 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Beberapa waktu lalu Sebanyak 18 ton pinang betara asal Tanjung Jabung Barat diekspor ke Jeddah, Arab Saudi.

Ekspor ini difasilitasi Kementerian Perdagangan RI dan Pemerintah Provinsi Jambi.

Pinang Betara merupakan satu komoditas andalan di Tanjung Jabung Barat.

Untuk melihat potensi besar pinang tersebut reporter Tribun Jambi Samsu Bahari melakukan Wawancara Ekslusif bersama Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Anwar Sadat, M.Ag dengan tema Potensi Pertanian dan Perkebunan khususnya pnang di Tanjung Jabung Barat. Berikut hasil wawancara ekslusifnya:

Potensi Pinang di Tanjung Jabung Barat ini seperti apa?

Saya kira memang Tanjung Jabung Barat ini fundamental perekonomiannnya dari pertanian, perkebunan dan perikanan, ketika pandemi covid-19 ini ketika semua jalur-jalur perdagangan internasional, ekonomi dunia mengalami konstraksi yang luar biasa. Ternyata di Tanjung Jabung Barat itu tidak berimbas.

Saya melihat daya beli masyarakat di pasar-pasar masih ramai toko-toko masih banyak yang beli, ini menunjukan bahwa pondasi fundamental ekonomi kita cukup kuat, salah satunya pada umumnya sektor perkebunan.

Saya kira ini seharusnya menjadi upaya kita pemerintah daerah betul-betul memaksimalkan perkebunan kita sebagai andalan ekonomi kerakyatan masyarakat Tanjung Jabung Barat.

Kemarin Alhamdulillah saya mendampingi pak Gubernur Jambi launching ekspor perdana pinang ke Arab Saudi. Saya sambil komunikasi dengan importir, importir tu mengatakan bahwa Arab Saudi itu setiap bulannya butuh 30 kontainer, sedangkan Provinsi Jambi hanya mampu memnenuhi 18 kontainer, hampir separuhnya kan.

Pinang yang di ekspor itu adalah pinang yang dari Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, ini saya kira membuka peluang pasar yang resmi, yang melewati kargo, melalui pelabuhan, yang dikoordinasikan dengan Congen (Consulate Generale) kita yang ada di Jeddah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved