Breaking News:

Berita Tanjabtim

Pemkab Tanjabtim Libatkan Dua Instansi Dalam Penanganan ODGJ

Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Tanjabtim berkolaborasi melakukan penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Tanjabtim

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Dinas Sosial dan Kesehatan Tanjabtim kolaborasi melakukan penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Dalam penanganan ODGJ di Kabupaten Tanjabtim dilakukan oleh dua dinas, yakni Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan.
Masing-masing instansi berbeda pola dalam penanganan ODGJ.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanjabtim M Ridwan saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya hanya menangani ODGJ yang terlantar tanpa ada pihak keluarga.

Dengan kata lain, pihaknya hanya menangani ODGJ yang statusnya gelandangan tanpa tau asal usulnya, yang kerap berkeliaran dan membuat keresahan di tengah masyarakat.

"Kalau ODGJ itu betul-betul terlantar dan tidak memiliki keluarga, Dinas Sosial yang akan menangani serta menjadi perwakilan dari keluarga," ujarnya, Senin (8/11/2021).

Ridwan menjelaskan, jika ODGJ tersebut masih ada keluarga tapi pihak Dinsos yang harus membawanya berobat ke rumah sakit jiwa tanpa rekomendasi dari pihak keluarga, tanggung jawab besar akan dihadapi dalam menangani hal seperti itu.

"Sempat ada apa-apa di jalan, bisa saja keluarganya nuntut ke kita," jelasnya.

Jika ada pihak keluarga yang salah satu anggota keluarganya mengidap gangguan jiwa akan tetapi keluarga tersebut kurang mampu, tentu ada penanganan khusus untuk itu.

"Kalau ada yang kurang mampu, kita ada BPJS yang ditanggung pemerintah untuk perawatan rumah sakit . Tetap kita bantu prosesnya dan rekomendasinya," ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, seandainya yang bersangkutan belum memiliki BPJS, Dinsos akan membantu untuk masuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), baru diusulkan untuk mendapat Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang gratis dari pemerintah pusat.

Baca juga: Nakes Polresta Jambi Ini Mengaku Deg-degan Saat Suntik Vaksin Pasien ODGJ

Baca juga: Puluhan Pasien ODGJ di Jambi Ikuti Vaksinasi Massal AKABRI 1996 Bharatasena di Lippo Plaza

Baca juga: Ariel Tatum Suarakan Kesehatan Mental, Dukung ODGJ dengan #kitamanusia

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved