Breaking News:

Berita Bisnis

Harga Ekspor Pinang Jambi ke Pakistan Paling Tinggi Dibanding ke Negara Lain, Ini Harganya

Berita Muarojambi-Tahun pertama keran ekspor Pakistan dibuka, badan karantina pertanian kelas 1 Jambi undang Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Nani Rachmaini
HASBI SABIRIN/TRIBUNJAMBI.COM
Ekspor Pinang Jambi ke Negara Pakistan 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Tahun pertama keran ekspor Pakistan dibuka, badan karantina pertanian kelas 1 Jambi undang Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melakukan perlepasan eskpor pinang Jambi.

Perlepasan eskpor biji pinang itu dilakukan CV Indokara yang berlokasi di Desa Pudak, Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi pada Sabtu (6/11/21).

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Balai Karantina Pertanian kelas 1 Jambi Turhadi, negara Pakistan merupakan pintu tujuan ekspor pinang paling potensial bagi negara Indonesia khususnya Jambi.

Ekspor ini sempat terhenti sejak tahun 2018 lalu dan baru dibuka pada tahun 2021 ini.

Dengan adanya kunjungan Mentan RI SYL ekspor pinang Jambi tetap berlangsung.

"Pada eskpor pinang kali ini, kita Jambi akan ekspor sebanyak 288 ton, setara 8,95 miliar, itu hanya di CV Indokara di Muarojambi," kata Turhadi.

Ia juga mengatakan, harga ekspor pinang Jambi ke negara Pakistan merupakan harga tertinggi dibandingkan negara lainnya.

"Informasi terakhir harga ekspor pinang Indonesia ke Pakistan, lebih tinggi dari negara tujuan lainnya yakni Rp 31 ribu per kilogram,"ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, ekspor pinang Jambi memiliki target, dari kementerian pertanian secara bertahap, tahun 2024 meningkat tiga kali lipat.

Tahun 2021 Jambi memiliki target 20 persen dari sebelumnya hampir satu juta ton, atau setara dengan 4,5 triliun, namun tahun berikutnya akan naik mencapai 20 persen nilainya sesuai target.

"Dan Alhamdulillah hingga Oktober 2021 ini volume ekspor pinang kita mencapai 1.300 juta ton dan setara nilainya Rp 5,23 triliun berdasarkan statistik badan karantina pertanian," tutupnya.

(Tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Baca juga: Ekspor Pinang Jambi Sempat Terhenti, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca juga: Sempat Terhenti Dua Tahun, Menteri Pertanian Lepas Pinang Biji Asal Jambi ke Pasar Pakistan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved