Breaking News:

Kunjungan Mentan Syahrul Yasin Limpo

Al Haris Ucapkan Terima Kasih ke Menteri Pertanian, Ekspor ke Pakistan Kembali Terjadi

Berita Jambi-Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya ke CV. Indokara

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Nani Rachmaini
SAMSUL BAHRI/TRIBUNJAMBI.COM
Ekspor pinang Jambi kembali terjadi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya ke CV. Indokara di Kasang Pudak, Muarojambi, Sabtu (6/11/21).

Al Haris mengapresiasi terbukanya kembali pasar ekspor untuk komoditas asal sub sektor perkebunan ini.

"Terima kasih pak Menteri, kabar baik ini akan menambah semangat bagi 51 pelaku usaha atau eksportir pinang biji di Jambi," kata Gubernur Al Haris.

Al Haris menyebut bahwa perkebunan pinang di Jambi tersebar di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, dengan luasan sekitar 28.255 hektare. Di sisi lain, diungkapkan oleh Al Haris bahwa kinerja ekspor pertanian Jambi meningkat

Dari data sertifikasi ekspor, IQFAST Barantan, pinang biji asal Jambi diekspor ke 15 negara tujuan lain seperti Inggris, Taiwan dan lainnya di tahun 2020, dan berhasil membukukan ekspor sebanyak 60 ribu ton dengan nilai Rp. 1,1 triliun.

Nilai ini tercatat meningkat sepanjang Januari - September 2021 dengan total volume 67 ribu ton dengan nilai Rp. 1,7 triliun.

"Jambi berkontribusi sebesar 34,53% dari total nasional, dan menempatkan Jambi pada posisi ke-2 setelah Sumatera Utara sebagai sentra ekspor pinang biji," pungkasnya. (*)

Baca juga: Harga Ekspor Pinang Jambi ke Pakistan Paling Tinggi Dibanding ke Negara Lain, Ini Harganya

Baca juga: Ekspor Pinang Jambi Sempat Terhenti, Ternyata Ini Penyebabnya

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved