Breaking News:

Kunjungan mentan Syahrul Yasin Limpo

Gubernur Jambi Harapkan Kedatangan Menteri Yasin Limpo Membawa Jambi Berkontribusi di Nasional

Berita Jambi-Ia mengatakan lahan ini berikan kontribusi terbesar pada struktur PDRB Provinsi Jambi sebesar 30,85 persen.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
MONANG/TRIBUNJAMBI.COM
Gubernur Jambi Berharap Kedatangan Menteri Pertanian ke Jambi dapat Membuat Jambi Berkontribusi Pembangunan Nasional 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur Jambi dalam sambutannya pada Gerakan Percepatan Peremajaan Sawit Rakyat di Desa Talang Bukit, Bahar Utara, Muaro Jambi, menyatakan Provinsi Jambi luas lahan baku sawah 74 ribu hektare dan luas perkebunan 1,9 hektare.

Ia mengatakan lahan ini berikan kontribusi terbesar pada struktur PDRB Provinsi Jambi sebesar 30,85 persen.

Kemudian pada sektor perkebunan Provinsi Jambi masih didominasi tujuh komoditi utama yakni kelapa sawit, karet, kelapa, kopi, cassiavera, pinang, dan tebu.

"Ketujuh komoditi itu mampu mendukung perekonomian masyarakat sebesar 73 persen," ungkap Al Haris Jumat (5/11/21)

Di depan hadapan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, ia menyatakan Provinsi Jambi juga telah melakukan tiga kali ekspor komoditas perkebunan ke Amerika Serikat, Eropa, Asia, dan negara Semenanjung Arab.

"Dengan nilai total ekspor Rp 1,9 triliun dengan 24 variasi komoditas. Ini juga patut kota banggakan, Jambi menjadi provinsi dengan nilai ekspor 3 terbesar se Indonesia," bebernya.

Ia menyampaikan, di Jambi telah melakukan peremajaan kelapa sawit sejak 2017. Jambi juga telah menerima dana peremajaan sebesar Rp 343 miliar. Dengan areal seluas 16 ribu hektar.

"Dari luas tersebut diolah 6.600 pekebun yang tersebar di Muarojambi, Batanghari, Sarolangun, Merangin, Bungo, Tebo, dan Tanjab Barat," katanya.

Dirinya pun berharap, dengan kedatangan Menteri Pertanian RI ke Jambi ini dapat mensinergikan berbagai sumber daya yang Provinsi Jambi miliki untuk dikerahkan dalam kontribusi Jambi dalam pembangunan nasional.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Menteri Yasin Limpo Kunker ke Muarojambi, Wabup Bambang Sampaikan Keluhan Warga Soal Pupuk

Baca juga: Mentan Yasin Limpo Sebut Dana KUR Kini Lebih Mudah Diakses, Petani Milenial Diharapkan Jadi Mentor

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved