Breaking News:

Berita Batanghari

Pemda Siapkan Data Informasi Terkait Potensi Energi Terbarukan di Batanghari

Menindaklanjuti surat dari Gubernur Jambi, Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari melakukan rapat kerja bersama instansi...

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Wira
Abdullah Kosim Kepala Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Menindaklanjuti surat dari Gubernur Jambi, Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari melakukan rapat kerja bersama instansi terkait soal energi baru terbarukan.

Tujuannya untuk mengetahui upaya Pemda dalam rangka pengembangan energi baru terbarukan yang berhubungan dengan kemandirian energi daerah.

Kepala Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari, Abdullah Kosim mengatakan saat ini sedang mengumpulkan data dan informasi terkait potensi energi terbarukan di daerah ini.

Memang kata dia urusan energi bukan kewenangan Pemda, tetapi hal ini bertujuan untuk sinergisitas dan sinkronisasi perencanaan pembangunan.

“Kita diminta untuk melakukan upaya bagaimana melihat potensi yang bisa dikembangkan di daerah,” kata Abdullah Kosim Kepala Bagian Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari, Kamis (4/11/2021).

Informasi dan masukan dari instansi terkait nantinya menjadi masukan dan pertimbangan untuk Pemprov Jambi dalam upaya pemenuhan perencanaan sumber daya energi daerah.

Lagi pula program prioritas pembangunan kepala daerah saat ini suatu wilayah harus bisa teraliri listrik. Pihaknya inginkan kebutuhan energi khususnya kelistrikan itu bisa menyentuh masyarakat di Batanghari hinga sampai ke pelosok.

“Kita daerah, menyampaikan data dan informasi terkait kebutuhan yang harus dipenuhi kepada pemerintah yang lebih tinggi dalam hal ini pemprov dan pusat,” katanya.

Ia beujar pernah mengembangkan energi melalui pemanfaatan kotoran ternak bahasa teknisnya kata dia reaktor, hanya saja pihaknya belum mengetahui perkembangannya karena masih menunggu informasi OPD terkait untuk dibahas.

“Secara umum Batanghari miliki potensi energi untuk itu. Nanti kita akan membuat rumusan roadmap terkait pengembangan energi yang baru terbarukan di daerah ini,” ucapnya.

Meskipun kewengan energi bukan di daerah tapi ia bilang bisa memberikan masukan dan pendapat atau pun kebutuhan yang ada di daerah ini dengan harapan pemerintah lebih tinggi bisa mempertimbangkan dalam perumusan kegiatan pembangunan.

“Nanti kita sampaikan potensi-potensi dan roadmaps ini 2 atau 3 Minggu lagi akan kita sampaikan kepada provinsi,” pungkasnya.

Baca juga: 2.500 Unit PJU Tenaga Surya Diusulkan Pemkab Batanghari ke Kementrian ESDM, Terealisasi 30 Unit

Baca juga: Inilah Penampakan Toilet di Tiga SD di Batanghari yang Telan Dana Rp 124 Juta per Paket Bangunan

Baca juga: Sebanyak 108 Dari 110 Desa di Batanghari Belum Cairkan Dana Desa Tahap III

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved