Breaking News:

Berita Tanjabtim

43 Desa di Tanjabtim Siap Terima Pencairan Dana Desa Tahap Kedua

Sebanyak 73 desa di Kabupaten Tanjabtim 43 di antaranya sudah final verifikasi berkas Dana Desa dan 30 desa lagi sedang dalam proses verifikasi berkas

(Dok. HaloMoney.co.id)
Ilustrasi uang 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sebanyak 73 desa di Kabupaten Tanjabtim 43 di antaranya sudah final verifikasi berkas Dana Desa dan 30 desa lagi sedang dalam proses verifikasi berkas.

Kepala Dinas PMD Tanjabtim, Berilyan melalui Kabid Pembangunan Desa, Nosa Pranubrata mengatakan, 43 desa yang sudah final verifikasi berkasnya tinggal mengajukan proses pencairan di Bakeuda Tanjabtim.

"Sementara 30 desa lagi yang masih berproses. Artinya tidak ada lagi desa yang belum mengajukan untuk pengajuan berkas pencairan tahap II," jelasnya, Kamis (4/11/2021).

Lanjutnya, pengajuan verifikasi berkas Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Tanjabtim, baru 19 desa yang sudah final diverifikasi. Kemudian 54 desa yang lainnya sudah mengajukan proses verifikasi berkas.

Sebenarnya pada bulan Oktober ini sudah masuk pengajuan pencairan DD dan ADD untuk tahap III. Namun, karena adanya hambatan, sehingga proses pengajuannya menjadi molor.

"Hal itu dikarenakan pihak desa kewalahan terkait dengan realisasi, seperti penanganan Covid-19 yang telah menjadi prioritas," bebernya.

Dengan kondisi kendala tersebut, pihak PMD harus memacu cepat semaksimal mungkin. Jadi desa yang sudah final pengajuan tahap II langsung dikejar untuk proses pemberkasan tahap III.

"Proses pencairan DD ini kan untuk tahap I 40 persen, tahap II 40 persen dan tahap III 20 persen. Jadi untuk proses pencairan tahap III mungkin tidak berat lagi, karena sudah belanja bukan untuk pembangunan," terangnya.

Dirinya berharap, adanya pendamping desa menjadi solusi bagi desa bisa. Sehingga apa yang menjadi kelemahan desa bisa dibantu oleh pendamping, baik itu ketidaktahuan desa, makna regulasi maupun proses perbelanjaan. Terkadang pihak desa masih menanyakan hal itu ke dinas.

Baca juga: Sebanyak 108 Dari 110 Desa di Batanghari Belum Cairkan Dana Desa Tahap III

Baca juga: Pemdus Tak Serius Urus Vaksin, Bupati Bungo Ancam Tak Cairkan Dana desa

Baca juga: Kasus Korupsi Dana Desa Pauh Agung, Kejari Panggil Inspektorat Bungo

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved