Breaking News:

Festival Kerinci 2021, Ada Lomba Seni Tradisi dan Lagu Daerah 

Pada 7-9 November 2021 Festival Kerinci (FK) kembali digelar. FK yang dipusatkan di Dermaga Danau Kerinci ini menampilkan berbagai pertunjukan.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Heru Pitra
Tari tulak balak yang disajikan di Festival Kerinci 2019 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pada 7-9 November 2021 Festival Kerinci (FK) kembali digelar. FK yang dipusatkan di Dermaga Danau Kerinci ini menampilkan berbagai pertunjukan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci, Juanda menyebutkan, pada FK 2021 menampilkan berbagai kegiatan. Pada pembukaan akan digelar tari massal dan juga seni tradisi serta stand pameran Kerinci Expo.

"Selanjutnya ada kegiatan lomba seni tradisi, lomba kuliner tradisional, lomba lagu daerah, dan lomba video pendek," kata Juanda.

Diungkapkanya, untuk lomba seni tradisi kriterianya, peserta adalah sanggar-sanggar seni dalam Kabupaten Kerinci, menampilkan seni tradisi. Untuk peserta tidak dibatasi usia, jumlah personel maksimal 15 orang dan durasi tampil 10-15 menit.

"Jenis pertunjukan, synopsis diserahkan kepada panitia sebelum penampilan," sebutnya.

Untuk lomba kuliner tradisi kriterianya adalah peserta utusan dari OPD, Kecamatan dan umum, menyajikan masakan tradisi,  makanan siap disajikan di lokasi lomba, rasa, gizi dan kreativitas penyajian.

"Menyerahkan video masak ke panitia terlebih dahulu," jelasnya.

Baca juga: Berkurang Drastis, Wisatawan yang Berkunjung ke Kerinci Turun 70 Persen

Baca juga: Jadwal Tanggal Pelaksanaan Festival Kerinci Bulan November Ini Sudah Ditetapkan

Sedangkan untuk lomba video pendek kriterianya adalah, tema pariwisata dan kebudayaan Kerinci, belum pernah dipublikasikan, durasi 2-5 menit. Kemudian video dikirimkan ke email kebudayaankerinci12821@gmail.com paling lambat 6 november 2021.

Sementara untuk lomba lagu daerah kriterianya, warga Kabupaten Kerinci, peserta umum. Pakaian saat tampil, pria mengenakan baju melayu dan wanita mengenakan baju kurung dan mengirimkan video uji vokal ke panitia.

"Ada 10 pilihan lagu yakni, Pisah Tandan, Renah Punawa, Ma'rifat Putuh, Unding Putuh, Murajuk Surang, Hidup Menumpang, Janji Pgi Kebulan, Ayie Mato Darah, Mukesud Hati dan Tilangsung," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved