Breaking News:

Perda Penyelenggaraan Jalan Provinsi Jambi Digadang Jadi Solusi Atasi Jalan Rusak

Perda Penyelenggaraan Jalan Provinsi Jambi memang dibutuhkan untuk saat ini. Terlebih jalan memiliki peranan yang penting dalam mendukung ekonomi.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Monang
Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan Perda Penyelenggaraan Jalan ini sangat penting. 

Perda Penyelenggaraan Jalan Provinsi Jambi Digadang-gadang Dapat Atasi Jalan Rusak di Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perda Penyelenggaraan Jalan Provinsi Jambi memang dibutuhkan untuk saat ini. Terlebih jalan memiliki peranan yang penting dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

Sehingga rancangan perda ini diharapkan mampu menangani jalan-jalan yang ada di wilayah Provinsi Jambi, agar dapat dilalui dengan baik dan tak menghambat jalannya perekonomian masyarakat.

Juru bicara Pansus III DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata, mengatakan prinsip pembuatan peraturan perundang-undangan  dibentuk  dalam rangka memberikan kepastian hukum bagi Penyelenggaraan Jalan. 

"Karenanya, setelah perda ini  ditetapkan  dan  diundangkan  dalam  lembar daerah,  hendaknya  pemerintah daerah  terutama  instansi  yang  membidangi urusan  Penyelenggaraan  Jalan,  benar-benar  dapat  menegakkan  berbagai aturan yang terdapat pada Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Jalan Provinsi ini," ungkapnya dalam Rapat Paripurna, Selasa (26/10/2021).

Ivan menjelaskan, penanganan jalan yang proporsional dan kelaikan fungsinya harus terpenuhi sebagai syarat utama. Sehingga jalan dapat melayani masyarakat pengguna jalan dengan aman dan nyaman.

"Peningkatan Jalan Provinsi dengan tetap memperhatikan kelestarian fungsi lingkungan, baik di kawasan perkotaan maupun kawasan pedesaan," katanya.

Kemudian peningkatan aspek keselamatan, diharapkan dapat meminimalisir angka kejadian kecelakaan dan fatalitas ke depannya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan Perda Penyelenggaraan Jalan ini sangat penting. Menurutnya nantinya penanganan Jalan Provinsi akan lebih terfokuskan.

"Perda tentang penyelenggaraan jalan saya kira penting. Terlebih ada 1.100 km yang menjadi tanggung jawab Provinsi Jambi," kata Haris.

Pemprov Jambi berharap, dengan adanya perda ini nantinya akan membuat masyarakat mendapatkan kepastian mengenai pembangunan infrastruktur jalan.

Baca juga: Gubernur Jambi Al Haris Hadiri Perayaan HUT Muarojambi, Ungkap Harapannya

Baca juga: Hadir Saat Pelantikan Pengurus DPW Partai NasDem Jambi, Al Haris Sempat Sindir Golkar

"Kami berharap dengan adanya perda ini masyarakat akan lebih yakin pemerintah akan menangani jalan-jalan yang ada di Provinsi Jambi ini. Ini langkah awal mengenai kepastian hak-hak masyarkat, utamanya dalam bidang infrastruktur jalan," jelasnya.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan perkembangan Jalan Kondisi Mantap di Jambi saat ini masih sampai angka 6 persen.

Al Haris menjelaskan, banyak faktor yang menjadi penyebab rusaknya jalan. Mulai dari cuaca ekstrem hingga kendaraan yang melebihi tonase turut mempengaruhi.

"Ini juga dipengaruhi dengan cuaca, akses ke lokasi, itu juga mempengaruhi cepat lambatnya pembangunan jalan kita. Jalan akses sawit yang tonasenya berat, itu cepat sekali rusak. Cuaca ekstrem juga membuat jalan kita juga tidak kuat," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved