Breaking News:

Sejak Agustus Kemenag Tanjab Timur Terapkan Kartu Nikah Digital Bagi Pengantin Baru

Tercatat sejak Juli 2021 Kementerian Agama tidak lagi menerbitkan kartu nikah, sebagai gantinya pemerintah membuat sebuah aplikasi.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Abdullah Usman
Agustus lalu Kementrian Agama secara resmi melaunching kartu nikah digital. 

Laporan wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Tercatat sejak Juli 2021 Kementerian Agama tidak lagi menerbitkan kartu nikah, sebagai gantinya pemerintah membuat sebuah aplikasi.

Pada bulan Agustus lalu Kementrian Agama secara resmi melaunching kartu nikah digital. Tidak lagi berbentuk kartu seperti KTP melainkan sudah berupa aplikasi digital. 

Kasi Bimas Islam Kemenag Tanjabtim Aspendri, menuturkan jadi setelah akad nikah para pengantin tidak lagi mendapatkan kartu nikah melainkan sebuah kartu digital yang dapat diakses melalui aplikasi SIM K Web Kementerian Agama

"Tentunya para caten terlebih dahulu melakukannya pendaftaran, di KUA Kecamatan. Juga bagi pasangan yang sudah menikah ingin mendaftarkan juga bisa, " jelas Aspendri, Jumat (22/10). 

Keunggulan dari penggunaan kartu nikah Digital sendiri, pasangan pengantin yang sudah resmi tidak perlu ribet lagi harus membawa buku nikah ataupun kartu nikah jika berpergian. Cukup dengan menunjukan kartu nikah digital yang ada di handphone.

Baca juga: Puluhan Kilometer Sungai Primer di Tanjab Timur Alami Pendangkalan, Kades: Saya Malu dengan Warga

Baca juga: Petani di Tanjab Timur Berhasil Sulap Nanas Jadi Beragam Olahan Kuliner

"Namun bagi masyarakat yang ingin mencetak kartu tersebut di tempat percetakan juga bisa, asalkan tempat percetakan tersebut mendukung untuk mencetak kartu tadi. Karena di kartu digital tersebut terdapat barkot yang sangat penting," jelasnya. 

Sejak pemberlakuan kartu nikah digital tersebut, Kemenag Secara resmi tidak lagi melakukan pencetakan kartu nikah sejak Bulan Juli lalu. Jika ditotal sejak awal tahun pihaknya sudah mencetak lebih kurang Ratusan kartu nikah. 

"Harapannya dengan adanya kartu nikah digital ini, dapat mempermudah masyarakat dalam segala hal. Terutama bagi mereka yang memang membutuhkan, " pungkasnya. (usn). 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved