Breaking News:

Berita Muarojambi

Sudah 10 Tahun Warga Sungai Duren Bermukim di Bibir Sungai Batanghari Terancam Abrasi

Berita Muarojambi-Sudah 10 tahun, warga Desa Sungai Duren, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi terancam dengan abrasi tebing sungai

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Nani Rachmaini
Sudah 10 Tahun Warga Sungai Duren Bermukim di Bibir Sungai Batanghari Terancam Abrasi
HASBI SABIRIN/TRIBUNJAMBI.COM
Sudah 10 Tahun Warga Sungai Duren Bermukim di Bibir Sungai Batanghari Diancam Abrasi

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Sudah 10 tahun, warga Desa Sungai Duren, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi terancam dengan abrasi tebing Sungai Batanghari.

Dari abrasi itu akan berdampak terhadap pemukiman warga yang berada di bantaran bibir Sungai Batanghari dan juga mengancam kerambah ikan milik para petani di sana.

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Desa Sungai Duren Zaini, yang paling terdampak terhadap abrasi itu, yakni warganya yang berada di pinggir Sungai Batanghari di RT 3 4 5 6.

"Sekarang kami mohon dukungan dari pihak terkait, agar bisa mengatasi abrasi yang daerah aliran Sungai Batanghari, karena sudah 10 tahun terjadi abrasi hingga kini belum ada tindak lanjut dari pihak terkait," ungkapnya Kamis (21/10/21)

Ia juga menyebutkan, penyebab terjadinya abrasi itu, dengan adanya aktivitas tambang pasir yang tidak jauh dari desanya.

"Mungkin salah satu penyebabnya tergerusnya pasir yang berada di tebing desa kami, dengan adanya aktivitas tambang pasir tersebut, apabila kemarau panjang dihantam hujan, tebingnya langsung terjun ke bawah," ungkapnya.

Sejauh ini tebing Sungai Batanghari yang berada di desanya sudah terjadi abrasi sepanjang 1 kilometer.

Dirinya berharap kepada pihak terkait dan pemerintah Kabupaten Muarojambi agar dapat membuat tiang pancang agar abrasi dapat di minimalisir.

"Karena sudah banyak kerambah petani ikan tertimpa abrasi, selain itu juga berdampak pemukiman warga, dulunya berjarak dari rumah ke pinggiran sungai itu 20 meter, sekarang ada yang tinggal 5-10 meter," tutupnya.

(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Baca juga: Daerah Bantaran Sungai di Kuala Betara dan Pengabuan Tanjabbar Rawan Abrasi

Baca juga: Puluhan Rumah di Muara Bulian Sepanjang DAS Terancam Abrasi

Baca juga: Abrasi Ancam Warga Desa Teluk Majelis, Belum Ada Solusi Untuk Mengatasi Hal Ini

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved