Breaking News:

Berita Tanjabbar

Meski Temuan Meningkat, Pemkab Tanjabbar Terima Penghargaan Opini WTP

Pemerintah Kabupaten Tanjabbar terima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di ruang Pola Utama Kantor Bupati Tanjab Barat.

Tribunjambi/Danang
Pemerintah Kabupaten Tanjabbar terima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di ruang Pola Utama Kantor Bupati Tanjabbar Kamis (21/10/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Pemerintah Kabupaten Tanjabbar terima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di ruang Pola Utama Kantor Bupati Tanjabbar Kamis (21/10/2021).

Penyerahan Piagam ini diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi sekaligus Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Jambi, Supendi.

Supendi dalam sambutannya mengatakan di Provinsi Jambi sendiri ada 11 pemda yang mendapat penghargaan opini WTP, termasuk adalah Kabupaten Tanjabbar yang dengan ini sudah menerima penghargaan opini WTP sebanyak 3 kali berturut-turut.

Ia berharap kedepannya Tanjabbar bisa mendapatkan WTP 5x berturut-turut.

Rumah Dijual
Rumah Dijual (TRIBUN JAMBI)

"Semoga di tahun 2021 dan 2022 bisa mendapatkan penghargaan WTP sehingga bisa mendapatkan penghargaan 5 kali berturut-turut," ujarnya.

Namun ia juga memberikan catatan bahwa di tahun 2020 ini temuan dari BPK meningkat, jika di tahun 2019 itu hanya ada 3 temuan, 1 temuan terkait dengan belanja, dan 2 temuan terkait dengan asset.

Sedangkan di tahun 2020 meningkat tajam jadi sebanyak 19 temuan, 4 temuan terkait dengan pendapatan, 10 temuan terkait dengan belanja dan 5 temuan terkait dengan aset.

"Temuan di tahun 2020 meningkat drastis dari 3 temuan menjadi 19 temuan, tapi masih dalam batas toleransi sehingga bisa mendapatkan penghargaan opini WTP," ujarnya.

Namun Ia meminta tindak lanjut dari bupati untuk menyelesaikan hal tersebut, karena Kalau tidak ditindaklanjuti maka akan mempengaruhi temuan di tahun 2021.

Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat dalam sambutamnya mengucapkan syukur mendapatkan penghargaan opini WTP ini.

"Alhamdulillah kita bisa mendapatkan penghargaan WTP ini, ini merupakan upaya kerja kita semua serta apresiasi yang diberikan oleh pemrintah kepada Kabupaten Tanab Barat," ujarnya.

Ia mengakui walaupun telah 3x mendapat pengahargaan opini WTP tetapi masih ada catatan BPK yang perlu mendapat perhatian, dan ditindaklanjuti baik secara finansial maupun pengelolaan asset.

Terakhir ia mempertanyakan walau memperoleh WTP namun Tanjab Barat tidak mendapat dana insentif berupa dana insentif daerah.

"Sedikit pertanyaan dari kami, di penghargaan yang ke 3x ini, kami justru tidak mendapat dana insentif daerah, untuk tahun 2022, padahal tahun 2020 mendapat dana 27 Miliar atas WTP tahun 2018, dan tahun 2021 mendapat dana 25 Miliar atas WTP tahun 2019," jelasnya.

Ia berharap Kanwil untuk bisa menyampaikan hal tersebut kepada Kementerian Keuangan.

Baca juga: Pemkot Jambi Dapat 5 Kali WTP, Ini Kata Syarif Fasha

Baca juga: Pemkab Muarojambi Raih WTP dari Kementerian Keuangan Lima Kali Berturut-turut

Baca juga: Pemkot Sungai Penuh Raih WTP 5 Tahun Berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved