Breaking News:

Ini Agenda Puluhan Kades di Bungo Pergi ke Surabaya Bersama Istri

Di tengah keuangan daerah yang tengah terseok-seok dihantam pandemi Covid-19, puluhan kades di Kabupaten Bungo justru akan berangkat ke Surabaya.

Penulis: Muzakkir | Editor: Teguh Suprayitno
Dok. Pemkot Surabaya
Patung Suroboyo setinggi 42 meter yang terletak di Jalan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya, ini bakal menjadi icon baru di Kota Surabaya. 

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO -- Di tengah keuangan daerah yang tengah terseok-seok dihantam pandemi Covid-19, puluhan Datuk Rio (Kepala Desa,red) di Kabupaten Bungo justru akan berangkat ke Surabaya.

Mereka berencana berangkat ke Surabaya untuk studi banding.

Informasi yang dihimpun, dari 141 Desa dan 12 Kelurahan di Bungo, setidaknya lebih dari 100 desa dipastikan akan berangkat.

Mereka sudah melakukan iuran untuk keberangkatan nantinya. Iuran tersebut bersumber dari Dana Desa.

Tak tanggung-tanggung, iuran tersebut mencapai belasan juta rupiah per dusun. Iuran tersebut diperuntukkan untuk akomodasi selama di Surabaya termasuk ongkos pulang pergi, penginapan dan makan. Dan itu di luar uang saku.

"Informasinya dalam Minggu ini mau berangkatnya," kata sumber yang tak ingin disebut namanya, Rabu (20/10/2021).

Keberangkatan kali ini sedikit berbeda dengan yang sudah-sudah. Dimana kali ini Datuk Rio membawa istrinya, tanpa didampingi perangkat desa lainnya.

Ketua Forum Datuk Rio Kabupaten Bungo Ziyadi ketika dikonfirmasi membenarkan jika dalam waktu dekat ini ada Rio dan istri bakal melakukan studi banding ke Pulau Jawa.

"Tujuannya ke Surabaya," kata Ziyadi.

Dikatakan Ziyadi, tidak semua Rio yang ada di Bungo bakal pergi mengikuti kegiatan ini. Jumlahnya diperkirakan kurang dari 100 Rio.

"Tidak semua TP PKK juga yang ikut. Ada yang Rio nya saja," kata Ziyadi lagi. 

Menurut mantan perangkat Dusun yang pernah ikut studi banding, kegiatan tersebut hanyalah cerimonial saja. Sedikit sekali perangkat dusun yang mengikuti kegiatan itu dengan serius.

"Yang jelasnya kesana tu hanya Plesiran bae. Dikit yang memahami kegiatan itu," kata mantan perangkat Dusun itu.

Baca juga: Puluhan Kades di Bungo Akan Bawa Istri Studi Banding ke Surabaya, Anggaran Rp30 Juta Pakai Dana Desa

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved