Breaking News:

Gudang Minyak Ilegal Digerebek

Ditreskrimsus Polda Jambi Sita 9 Ton Minyak Oplosan dari Gudang di Sungai Gelam

Dalam penggerebekan gudang minyak oplosan di Sungai Gelam, sebanyak 9 ton minyak berhasil diamankan. 5 orang pengoplos juga berhasil ditangkap

Penulis: Aryo Tondang | Editor: Rahimin
tribunjambi/aryo tondang
Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jambi, AKBP Moh Santoso. Ditreskrimsus Polda Jambi Sita 9 Ton Minyak Oplosan dari Gudang di Sungai Gelam 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Saat Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi menggerebek gudang pengoplosan minyak ilegal di Desa Kebon IX, Sungai Gelam, Muaro Jambi Selasa (19/10/2021), ikut juga disita minyak oplosan.

Sebanyak 5 pelaku, yang berstatus sebagai pekerja, yakni ZP (43), MR (38), IF (25) OJP (32) warga Kota Jambi diduga sebagai pekerja dan RR (50) warga Sarolangun, sebagai sopir berhasil diringkus petugas.

Sebanyak  9 ton minyak oplosan berhasil disita petugas dari gudang tersebut.

Wakil Direktur Reskrimsus Polda Jambi AKBP Moh Santoso mengungkapkan, minyak tersebut  akan dipasarkan ke sejumlah perusahaan di Jambi.

Dalam menjalankan aksinya,  tersangka ini mengisi BBM olahan ke dalam mobil tangki transportir yang seharusnya berisi minyak industri. 

"Untuk BBM sendiri, indikasi dan dugaan sementara itu berasal dari aktifitas Ilegal Driling di Jambi," kata AKBP Moh Santoso, Rabu (20/10/2021) pagi.

AKBP Moh Santoso menjelaskan, gudang pengoplosan minyak ilegal tersebut dimiliki oleh seseorang berinisial AS.

Pengungkapan tersebut, kata Santoso berawal dari penelusuran oleh Subdit IV, Unit Tipidter dan Ditintelkam Polda Jambi bahwa gudang tersebut sedang berlangsung aktifitas pengoplosan BBM ilegal jenis solar.

Mendapat informasi, timnya langsung bergerak melakukan penggerebekan, dan mendapati 5 pekerja sedang memindahkan minyak oplosan dari tedmon ke satu unit truk tangki Mitsubishi Canter HDL warna biru putih No Pol BH 8756 EU. 

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, para pelaku dan sejumlah barang bukti yang ditemukan di lokasi langsung diamankan ke Mapolda Jambi

Kelima pelaku dijerat dengan pasal 54 undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang migas jo pasal 56 KUHPidana dengan ancaman 6 tahun penjara.

Baca juga: Gerebek Gudang Pengoplos Minyak Ilegal di Sungai Gelam, Polisi Ringkus 5 Pelaku

Baca juga: Api Membumbung Tinggi di Jambi Luar Kota, Gudang Penyulingan Minyak Ilegal Terbakar

Baca juga: Api Masih Menyala di Sumur Minyak Ilegal Desa Bungku, Petugas Masih Berusaha Memadamkan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved