Breaking News:

Founder Kafe Kawan Sejalan Terpilih Jadi Ketua Barista Guild Jambi

Berawal dari grup WhatsApp kumpulan para barista, akhirnya terbentuk komunitas baru di Kota Jambi yakni Barista Guild Jambi.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Fitri
Suasana mubes Barista Guild Jambi di kedai kopi broyat (15/10). 

TRIBUNJAMBI.COM - Berawal dari grup WhatsApp kumpulan para barista, akhirnya terbentuk komunitas baru di Kota Jambi yakni Barista Guild Jambi.

Terbentuknya komunitas tersebut atas dasar kesepakatan bersama dan pada Jumat lalu (15/10/2021) terpilih Zul, Founder Kafe Kawan Sejalan sebagai ketua komunitas melalui musyawarah besar (mubes).

Moro, Founder Barista Guild Jambi mengatakan, ini merupakan pertama kalinya Barista Guild Jambi membentuk struktural kepengurusan resmi periode pertama.

Sedangkan grup WA Barista Guild Jambi aktif sejak tahun 2019 hingga sekarang masih aktif.

Banyak ide rencana program kegiatan untuk kedepannya yang dibahas pada mubes Barista Guild Jambi.

"Setelah terpilih ketua dan terbentuk kepengurusan program kedepan ketua rencananya ingin mengadakan kompetisi kopi reguler di Jambi yang mampu mendatangkan juri-juri tingkat nasional, silaturahmi antar kedai kopi untuk mempererat silaturahmi antar barista, kemudian Barista Guild ini bisa punya legal standing tujuannya kita sebagai ekskutor lapangan untuk kegiatan atau sebagai pendamping program pemerintah sebagai mentor atau sebagai EO-nya," ujarnya Minggu (17/10/2021).

Selain itu nantinya akan direncanakan kegiatan sharing season rutin berbagai informasi untuk pemberdayaan anggota

Hingga saat ini terdapat 30 anggota aktif dalam komunitas Barista Guild Jambi dan akan terus bertambah.

Moro menyebut Barista Guild Jambi tidak hanya sebagai wadah para barista saja, tapi juga untuk penggemar dan penikmat kopi hingga penjual biji kopi.

Baca juga: Menikmati Kopi Leberika di Kedai Rid Zea, Harga Minimal Rasa Maksimal

Baca juga: Kuliner Jambi, Mie Gombiyen Menu Makan Siang Alternatif di Mbiyen Kopi di Kawasan Sijenjang

"Makanya salah satu agenda mubes kemarin perubahan nama, atas kesepakatan bersama terpilihlah nama Suan Coffe Community, untuk mengganti nama Barista Guild Jambi," tuturnya.

Moro berharap setelah resmi terbentuk komunitas ini semakin banyak profesi barista dan atmosfer perkembangan kedai kopi di Jambi makin meningkat serta situasi usaha perkopian di Kota Jambi bangkit kembali.

"Kita harapkan komunitas ini bisa sebagai fasilitator buat kawan-kawan yang ingin belajar, buat pihak pemerintahan atau pihak swasta yang ingin mengadakan event atau pelatihan kita bisa sebagai eksekutor atau pendamping," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved