Breaking News:

Berita Tanjabbar

Kembangkan Sektor Kelautan, BMKG Jambi Gelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan di Tanjabbar

BMKG Jambi gelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi Jambi di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjabbar, Kamis (14/10/2021).

Tribunjambi/Danang
BMKG Jambi Gelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan di Tanjabbar 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - BMKG Jambi gelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi Jambi di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjabbar, Kamis (14/10/2021).

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi Ibnu Sulistyono dalam sambutannya menyampaikan tujuan pelaksanaan SLCN adalah untuk memberikan bekal pengetahuan terkait layanan informasi cuaca dan iklim maritim dari BMKG.

Ia berharap dengan diadakannya SLCN ini peserta dapat lebih meningkatkan keterampilan dalam mengakses, membaca, menindaklanjuti, menyebarkan informasi cuaca, iklim maritim dan informasi Prakiraan lokasi ikan dari sumber terpercaya.

“Dengan SCLN ini diharapkan nelayan mampu mengubah paradigma dari nelayan melaut mencari ikan menjadi nelayan melaut menangkap ikan. pada akhirnya nelayan berangkat sehat, pulang selamat, serta hasil tangkapan melimpah” harapnya.

Agus Sanusi Sekda Tanjabbar menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BMKG yang telah menyelenggarakan kegiatan ini serta kesediaan Bapak H.A Bakri Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jambi untuk turut memberikan arahan pada acara Sekolah Lapang Cuaca Nelayan.

“Kami sangat tertantang untuk mengembangkan sektor kelautan yang merupakan amanah, seperti yang telah tertuang didalam Kitab Suci Alquran Surah An Nahl 14. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa Allah telah memberi petunjuk bahwa laut menjadi sumber rezeki. Sayangnya akhir akhir ini kita berlomba lomba mencari rezeki di darat dan hampir melupakan laut," ujarnya.

Kegiatan pada hari ini adalah dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia perikanan dengan pengarusutamaan wawasan bahari khususnya pengetahuan tentang cuaca sehingga nelayan akan mendapatkan informasi tentang waktu yang tepat untuk melaut dan menangkap ikan, sebagai acuan keselamatan nelayan serta sebagai informasi kondisi ilan yang bisa ditangkap.

Agus Sanusi juga menyampaikan disamping pengetahuan tentang cuaca, kami juga akan memfasilitasi nelayan untuk masuk dalam keanggotaan frekuensi radio maritim sehingga dalam melaut setiap nelayan akan terdeteksi keberadaannya.

Bahkan Kementerian KPP telah menyiapkan asuransi nelayan untuk menjamin nelayan dalam melaut.
Dengan berbagai fasilitas keselamatan dan keamanan dalam melaut, kita berharap kedepan semakin banyak masyarakat pesisir yang tertarik untuk melaut kembali agar dapat mengembalikan kejayaan kita di laut” Tambah Sekda.

“Kita akan terus melakukan peningkatan kapasitas nelayan secara bertahap sehingga mereka akan menguasai teknologi dan dapat memanfaatkan wilayah pengelolaan perikanan secara optimal dan menjadi salahnsatu sumber ekonomi baru kedepan. Semoga para peserata Sekolah Lapang Cuaca Nelayan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik," ujarnya lagi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved