Breaking News:

Berita Batanghari

Bantu Pengangguran di Batanghari, Asmidar: Pemerintah Rencanakan Pembentukan UPTD BLK

Disnakertrans Kabupaten Batanghari Bantu Pengangguran dan Pemerintah Rencanakan Pembentukan UPTD BLK

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Wira
Asmidar Kepala Bidang Kompetensi dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Batanghari 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Sepanjang tahun ini, sudah ada 13 perusahaan yang sudah membuka lowongan kerja di Batanghari.

Dari 13 lowongan kerja yang sudah dibuka tercatat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Batanghari yang sudah melaporkan dapat pekerjaan sebanyak 48 orang didua perusahaan.

Sementara jumlah pencaker yang terdaftar hingga sampai September tahun ini sebanyak 567 pencaker diantaranya terdiri dari laki-laki 375 dan 192 perempuan.

“Angka itu kita dapatkan dengan cara jemput bola. Secara regulasi tidak ada sanksi, hanya saja supaya pendataan kita lebih valid. Mereka diimbau harus melapor bahwa mereka sudah bekerja sehingga kita bisa menghitung angka pengangguran di Batanghari dari penetapan yang sudah tepatkan di perusahaan-perusahaan,” ujar Asmidar, Kepala Bidang Kompetensi dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Batanghari kepada Tribunjambi.com, Kamis (14/10/2021).

Dia mengakui keluhan pencaker lebih banyak ketidaksesuaian dengan pendidikan, misalnya ada perusahaan membutuhkan mekanik sementara banyak yang sarjana ekonomi dan hukum.

“Kita perlu perhatikan supaya anak-anak yang tidak memiliki skill bisa dibutuhkan perusahaan, kita harus bina mereka melalui pelatihan dan itu akan kita upayakan,” ujarnya.

Disnakertrans rencanakan pada 2022 nanti akan ada pelatihan skill berjumlah satu paket sebanyak 16 orang.

“Nanti akan ada skill komputer karena komputer sangat dibutuhkan setiap perusahaan, untuk paket lainya terkendala anggaran jadi sementara hanya itu,” katanya.

Tak hanya satu paket pelatihan itu pihaknya juga sudah merencanakan beberapa paket skill-skill lainya seperti otomotif, servis hp, ac, tata boga dan tara rias, sudah dimasukan ke dalam pelatihan.

Rencana program itu dilaksanakan oleh Disnakertrans, dikarenakan tidak punya instruktur dan tidak memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) maka akan mendatangkan instruktur BLKS Provinsi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved