Breaking News:

Berita Nasional

Temuan PPATK Aliran Dana Rp 120 Triliun Dari Transaksi Narkoba, Jokowi Diminta Bertindak

Ada temuan dari PPATK senilai Rp 120 Triliun yang berasal dari transaksi narkoba. Anggota DPR minta Presiden Jokowi itu bertindak terkait temuan itu

Editor: Rahimin
handout
Iustrasi 171 kilogram sabu dan puluhan ribu butir pil ekstasi yang diamankan oleh tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dari dua warga Banyuasin, Sumatera Selatan. Temuan PPATK Aliran Dana Rp 120 Triliun Dari Transaksi Narkoba, Jokowi Diminta Bertindak 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada temuan aliran dana sebanyak Rp 120 Triliun untuk transaksi narkoba.

Hal itu merupakan temuan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Terkait hal ini, Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan meminta Presiden Jokowi turun tangan langsung, tindak lanjuti temuan itu.

"Ini soal besar Rp 120 Ttriliun, bentuk satgas khusus yang dipimpin oleh Menkopolhukam," katanya kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (7/10/2021).

Hinca Panjaitan bilang, negara tidak boleh membiarkan ini dan hanya mengejar kasus TPPU yang lain seperti BLBI.

Menurutnya, angka Rp 120 Triliun juga sesuatu yang besar jika bisa masuk ke kas negara.

"Hari ini APBN kita lagi nyungsep. Ini kan bagus ini kejar BLBI. Nah ini juga ada Rp 120 Triliun. Untuk apa kita buat PPATK kalo kerjaannya cuma kasih kertas begitu?" ujarnya.

Hinca Panjaitan saat rapat kerja dengan PPATK pada Rabu (29/9/2021) lalu bilang, PPATK berjanji akan meneruskannya ke aparat penegak hukum terkait, diantaranya Mabes Polri dan BNN.

"Angka Rp 120 Triliun ini kotak pandora yang menurut saya dibukalah, dan jangan biarkan begini saja. Harus Presiden Jokowi yang turun langsung, karena ini urusan negara dan APBN. Dia sejak awal mengatakan darurat narkoba, Rp 120 Trilun banyak bos, besar sekali itu," ujarnya.

Hinca Panjaitan juga mengapresiasi bagaimana PPATK yang telah mengeluarkan angka tersebut ke publik. "Selama ini kan enggak pernah muncul itu angka," katanya.

Baca juga: Kartel Narkoba Meksiko Rilis Video Eksekusi Mati 20 Anggota Geng Rival

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved