Breaking News:

Berita Kota Jambi

Lomba Engrang di Museum Siginjei Jambi Diikuti SMP se-Kota Jambi

Berita Jambi-Dalam rangka memperingati hari ulang tahun museum se Indonesia, Museum Siginjei Jambi mengadakan pameran dan juga lomba

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
FITRI AMALIA/TRIBUNJAMBI.COM
Lomba Engrang di Museum Siginjei Jambi Diikuti SMP Se Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun museum se Indonesia, Museum Siginjei Jambi mengadakan pameran dan juga lomba.

Lomba yang diselenggarakan satu di antaranya lomba engrang yang dilaksakan di halaman Museum Siginjei Jambi, Rabu (13/10/2021).

"Kemarin (12/10) Museum Siginjei Jambi membuka pameran alat angkut dan transportasi jambi dan pameran akan berlangsung hingga tanggal 16 Oktober 2021, hari kedua kami mengadakan lomba engrang," ujar Kepala Museum Siginjei Jambi, Nurlaini.

Lomba engrang ini diikuti 25 SMP se Kota Jambi dan tiap sekolah mengirim perwakilan 3 siswa, putra putri, untuk lomba engrang estafet.

Juri yang dihadirkan dari Dispora Jambi.

Engrang merupakan salah satu olahraga tradisional atau permainan tradisional yang sering dimainkan pada jaman dulu. Engrang terbuat dari tongkat kayu atau tongkat bambu yang panjang.

"Lomba engrang dipilih karena permainan tradisional ini sudah hampir punah, karena itu kami pihak museum sudah tugas kami untuk melestarikan kembali permainan tradisional ini," jelasnya.

Nurlaini mengatakan permainan ini juga dapat menanamkan sikap kerjasama antara anak anak. Permainan ini juga memggambarkan sikap gotong royong anak anak dalam meraih kemenangan.

Untuk hadiah lomba engran ini cukup menggiurkan. Juara pertama berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp3,5 juta, juara dua Rp 3 juta dan juara tiga Rp 2,5 juta.

"Walaupun dalam kondisi hujan siswa yang memgikuti lomba engrang masih bersemangat untuk mengikuti lomba," ujarnya.

Guru SMP 9 Kota Jambi, Rudi mengatakan lomba ini sangat seru dan membantu memperkenalkan permainan tradisional pada siswanya.

"Kami berharap dengam anak anak mengikuti lomba ini di museum, lebih mengenal olahraga tradisional dan mereka biar tahu ini permainan dari jaman dulu," terangnya.

Selain lomba engrang yang diikuti siswa SMP se Kota Jambi, Museum Siginjei Jambi juga mengadakan lomba fotografer tingkat mahir Museum Siginjei 2021 yang dapat diikuti masyarakat umum. Pendaftaran lomba fotografer dari tanggal 1 Oktober hingga 1 November 2021. Hadiah yang ditawarkan hingga jutaan rupiah loh. (*)

Baca juga: Museum di Jambi akan Dipasang Barcode Peduli Lindungi

Baca juga: Museum Siginjei Gelar Pameran Alat Angkut Transportasi Tradisional dan Berbagai Lomba

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved