Breaking News:

Indonesia Digugat Uni Eropa Gegara Ini, Jokowi: Jangan Mundur!

Presiden Jokowi menegaskan tak akan mundur menghadapi gugatan yang dilayangkan Uni Eropa terkait larangan ekspor nikel dalam bentuk mentah.

KOMPAS.COM
Presiden Joko Widodo mengaku tak akan mundur menghadapi gugatan Uni Eropa di WTO. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo secara tegas mengatakan tak akan mundur menghadapi gugatan Uni Eropa terkait larangan ekspor nikel dalam bentuk bahan mentah atau raw material.

Uni Eropa diketahui melayangkan gugatan pada Indonesia ke World Trade Organization (WTO) karena kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang ekspor nikel tersebut.

Presiden Jokowi menegaskan, bahwa larangan ekspor nikel dalam bentuk barang mentah yang saat ini diterapkan merupakan hak pemerintah Indonesia.

"Meskipun kita digugat di WTO enggak apa-apa. Kan nikel, nikel kita, barang, barang kita, mau kita jadikan pabrik di sini, mau kita jadikan barang di sini, hak kita dong," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Untuk menghadapi gugatan Uni Eropa di WTO, Jokowi mengatakan, pemerintah akan menyiapkan pengacara-pengacara handal kelas internasional.

"Sekali lagi harus punya keberanian. Jangan sampai kita grogi gara-gara kita digugat di WTO. Ya disiapkan lawyer-lawyer yang kelas-kelas internasional juga nggak kalah kita," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI itu memastikan tak akan mengubah kebijakan mengenai larangan ekspor bijih nikel meski menuai protes dari Uni Eropa.

Sebab kebijakan tersebut dibuat pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara.

Baca juga: China Tak Mau Lagi Danai PLTU Batubara, Nasib Indonesia Mendadak Jadi Sorotan

"Kalau ada yang menggugat kita hadapi, jangan digugat kita mundur lagi. Enggak akan kesempatan itu datang lagi, peluang itu datang lagi, enggak akan," kata Jokowi.

Apalagi, Jokowi menyebut, potensi pemanfaatan nikel sangat besar. Karenanya, ia tak ingin lagi sumber daya tersebut diekspor dalam bentuk bahan mentah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved