Breaking News:

Longsor di Tanjab Barat

Arus deras Pertemuan Dua Sungai Penyebab Tanah Amblas Hingga Rumah Hanyut di Tanjabbar

Sebuah rumah hanyut yang terjadi di RT 6 Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang, Tanjabbar terjadi karena tanah di lokasi rumah berdiri tanah amblas

Tribunjambi/Danang
Sebuah rumah hanyut terjadi di RT 6 Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang, Tanjabbar pada Rabu (13/10/2021) dini hari sekitar pukul 02.30 wib. 

TRIBUNJAMBI.COM, TANJABBARAT - Sebuah rumah hanyut yang terjadi di RT 6 Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang, Tanjabbar pada Rabu (13/10/2021) sekitar pukul 02.30 wib terjadi karena tanah di lokasi rumah berdiri amblas.

Kapolsek Pengabuan, IPTU Edi Purnawan mengatakan musibah ini terjadi karena adanya pertemuan sungai yang menyebabkan arus deras.

"Kejadian ini diakibatkan air pasang tinggi, kebetulan ini juga teluk yang menjadi tempat pertemuan sungai, sehingga arusnya deras yang mengakibatkan tanah amblas dan rumah hanyut," jelasnya.

Ia bersama camat menghimbau kepada warga agar mengantisipasi bencana susulan akibat abrasi ini.

Ateng salah seorang tetangga korban mengatakan ia melakukan proses evakuasi sejak pukul 04.00 wib saat kondisi air sudah tenang.

Ia mengatakan kejadian terjadi sekitar pukul 02.30 wib, pemilik rumah, Samingan mendengar suara kayu yang patah, ia kemudian mengecek dan rumah sudah sedikit amblas.

Sumingan lalu keluar menyelamatkan diri dan meminta pertolongan warga lain.

Ateng beserta warga lain membantu mengevakuasi barang yang masih bisa diselamatkan, ia berhasil menyelamatkan sekitar setengah barang yang ada di toko.

Kejadian ini sendiri menurut Ateng baru terjadi kali ini.

"Baru ini lah kalau amblas, dulu pernah di pasar tapi udah 10 tahunan, sekarang pasanya sudah dipindah, 2 tahun lalu pernah juga tapi bukan amblas begini," ujarnya.

Ia juga menduga amblas nya tanah di pinggir sungai karena banyak kapal besar yang berlalu lalang di sepanjang sungai.

"Ini juga karena kapal kapal besar lewat sini, banyak kapal angkutan batubara, angkutan barang, kapal kapal yang mau ke Malaysia dan Singapur juga lewatnya sini, jadi terjadi gelombang deras dari kapal itu yang mengikis tanah di pinggir sungai," jelasnya.

Baca juga: Longsor di Senyerang Tanjabbar, Sebuah Rumah Hanyut Terbawa Sungai

Baca juga: BREAKING NEWS Longsor di Senyerang Tanjab Barat Dua Rumah dan Satu Musala Rusak

Baca juga: Dua Lokasi di Batang Asai Serentak Longsor, Warga Tak Lihat Ada Alat Bekerja

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved