Breaking News:

Berita Tanjabtim

Sebanyak 1.159 Guru di Tanjabtim Sudah Lulus Sertifikasi

Sebanyak 1.159 guru di Kabupaten Tanjabtim sudah sertifikasi. Terdiri dari tenaga pendidik dan pengawas, Selasa (12/10/2021).

Sebanyak 1.159 Guru di Tanjabtim Sudah Lulus Sertifikasi
tribunjambi/mario eka danardono
guru yang mengikuti pelatihan di Balai Prajurit, Selasa (10/5)

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sebanyak 1.159 guru di Kabupaten Tanjabtim sudah sertifikasi. Terdiri dari tenaga pendidik dan pengawas, Selasa (12/10/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Junaedi Rahmat melalui Kabid PTK, Meiheriyansyah mengatakan, bahwa untuk secara rinci guru yang sudah sertifikasi, yakni 18 orang guru TK, 865 guru SD, 260 guru SMP, 11 orang Pengawas SD dan 5 orang Pengawas SMP.

"Jadi untuk keseluruhan jumlah guru yang sudah sertifikasi sebanyak 1.159 orang. Jumlah itu sudah termasuk guru honorer yang sudah sertifikasi," katanya.

Lanjutnya untuk anggaran setiap tahunnya yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan untuk pembayaran tunjangan sertifikasi guru mencapai Rp 60 Mmiliar.

"Dimana, untuk pembayarannya dilakukan per triwulan dengan besaran anggaran yang dikeluarkan Rp 15 - 16 Miliar," jelasnya.

Menurutnya, setiap tahunnya pasti ada penambahan guru sertifikasi dan juga ada yang pensiun. Sehingga untuk anggaran tidak perlu ditambah dan dikurangi, karena sudah saling menutupi.

"Namun jika angka yang lulus sertifikasi dibandingkan dengan angka pensiun, lebih tinggi angka pensiun," bebernya.

"Contohnya saja pada tahun 2020 lalu, angka yang lulus hanya sebanyak 70 orang, sedangkan yang pensiun sebanyak 107 orang," tambahnya.

Selanjutnya, tahun 2021 ini ada sebanyak 40 an guru yang sedang mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan selama Satu semester. Sebelumnya, 40 an guru tersebut telah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG), dan dinyatakan lulus.

"Setelah dinyatakan lulus dan menerima sertifikat, baru lah di tahun berikutnya yang bersangkutan berhak menerima tunjangan tersebut," jelasnya.

Baca juga: Swab Antigen Guru dan Karyawan Diniyyah Al-Azhar Jambi

Baca juga: Ini Besaran TPP Guru Non Sertifikasi di Batanghari

Baca juga: Guru Sertifikasi di Batanghari Tak Lagi Menerima TPP, Ini Penjelasan Bupati Fadhil Arief

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved