Breaking News:

Pentingnya Membangun Ekosistem Keuangan Digital

Berita Bisnis-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar acara OJK Virtual Innovation Day 2021, ini juga merupakan bagian dari ultah OJK

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Penting Bangun Ekosistem Keuangan Digital 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar acara OJK Virtual Innovation Day 2021, ini juga merupakan bagian dari rangkaian Ulang Tahun OJK yang ke-10 tahun. OJK Virtual Innovation Day 2021 digelar 2 hari, pada tanggal 11-12 Oktober 2021.

Acara ini mengusung tema Building Robust and Sustainable Digital Finance Ecosystem Amid Covid-19 Pandemic.

Acara OJK Virtual Inovation Day 2021 dibuka lagsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang di siarkan lagsung dari Istana Negara pada Senin 11/10/2021.

Presiden Joko Widodo mengatakan "Gelombang digitalisasi yg terjadi beberpa tahun terakhir yang di percepat oleh pandemi harus disikapi dengan cepat dan tepat, banyak bermunculan bank maupun asuransi berbasis digital bermunculan, dan juga e-payment yang juga harus di dukung," jelasnya.

Tidak hanya itu saja, juga marak bermunculan fintech, termasuk fintech syariah dan inovasi finansial teknologi semakin berkembang, sharing ekonomi semakin marak dari ekonomi berbasis pear to pear hingga bussines to bussines.

"Tetapi pada saat yang sama Saya juga mendapat informasi banyak penipuan dan tindak pidana penipuan keuangan telah terjadi, Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online, yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya," tambahnya.

Perkembangan digitalisasi yang cepat ini juga harus dijaga dan sekaligus di fasilitasi secara sehat untuk perekonomian masyarakat.

"Jika kita kawal secara cepat dan tepat, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi raksasa digital, setelah China dan India. Bisa membawa kita menjadi ekonomi terbesar di dunia ke 7 di 2030," lanjutnya.

Momen ini harus di sambung dengan upaya membangun sistem keuangan digital yang bertanggung jawab, memiliki mitigasi risiko atas kemungkinan timbulnya permasalahan hukum dan permasalahan sosial untuk mencegah kerugian dan meningkatkan perlindungan terhadap masyarakat.

Selain itu juga Membantu pelaku UMKM agar lebih banyak melakukan transaksi digital yang minim aktivitas fisik, serta membantu UMKM untuk naik kelas dan masuk ke go digital.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved