Breaking News:

Berita Jambi

Museum Siginjei Gelar Pameran Alat Angkut Transportasi Tradisional dan Berbagai Lomba

Bertepatan dengan Hari Museum Nasional, Museum Siginjei menggelar pameran alat angkut dan transportasi transportasi tradisional khas Jambi pada masa l

Tribunjambi/Monang
Pameran Temporer Museum Siginjei 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bertepatan dengan Hari Museum Nasional, yang jatuh pada 12 Oktober di tiap tahunnya, Museum Siginjei, menggelar pameran alat angkut dan transportasi tradisional khas Jambi pada masa lampau.

Pameran temporer yang diadakan oleh UPTD Museum Siginjai Jambi ini, mengangkat tema Museum Sumber Pemajuan Kebudayaan dan Pendidikan. Serta pelaksanaannya pun mulai 12-18 Oktober mendatang.

"Di sini kami ingin memperlihatkan bagaimana kreatifitas masyarakat kita dulu, dalam menghadapi tantangan hidup. Seperti menciptakan alat bantu angkut maupun transportasi tradisional," ungkap Nurlaini, Kepala UPTD Museum Siginjei Jambi, Selasa (12/10/2021).

Lanjutnya, ia mengatakan museum bukan saja menjadi tempat untuk mengumpulkan dan menyimpan benda-benda purbakala. Melainkan juga sebagai tempat publikasinya kepada masyarakat.

"Museum bukan saja menjadi tempat untuk mengumpulkan dan menyimpan benda-benda purbakala yang tidak dapat berbicara, justru di museum inilah terkadang nilai-nilai bersejarah dan budaya bangsa sanggup berbicara tentang kehidupan masa lampau," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Erwin Efendi turut menambahkan, alat transportasi yang ditampilkan karena ingin memperkenalkan kepada masyarakat sekarang bahwa dulunya alat transportasi itu menggunakan kekuatan hewan dan manusia.

"Transportasi merupakan salah satu penunjang dalam kehidupan sehari-hari yang dulunya menggunakan tenaga dari hewan untuk darat, dan menggunakan rakit dan perahu untuk perjalanan di sungai yang menggunakan tenaga manusia," jelas Erwin.

"Namun transportasi ini terus bergerak perlahan bahkan terus berevolusi sedikit demi sedikit, sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga saat ini kita sudah sulit menemukannya walau masih ada beberapa yang menggunakannya," katanya.

Tak hanya itu, Museum Siginjei dalam memeriahkan Hari Museum Nasional 2021 ini, juga menyelenggarakan berbagai perlombaan, yakni Lomba Engrang dan Lomba Fotografi.

"Lomba permainan tradisional Engrang, yang diikuti oleh tingkat SMP dan sederajat akan dilaksanakan pada 13 Oktober. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi tentang sejarah dan budaya Jambi di masa lampau," jelas Nurlaini.

Juga untuk mewujudkan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.

Berlokasi di Museum Siginjei, ia mengatakan ini guna membuat museum menjadi tempat edukatif, inovatif, rekreatif, dan imajinatif.

Lomba selanjutnya, Lomba Fotografi Tingkat Mahir, dilaksanakan pendaftarannya mulai 1 Oktober-1 November. Hadiah yang direbutkan pun bertotal belasan juta rupiah.

"Ada pun lomba fotografi ini bertemakan Benda Tinggalan Warisan Budaya di Provinsi Jambi," pungkasnya.

Baca juga: Museum Siginjai Gelar Pameran Temporer Eloknyo Busano Apik Jambi

Baca juga: Museum Siginjai Jambi Akan Gelar Pameran Temporer 18 Agustus 2021

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved