Breaking News:

Komitmen OJK Mendukung Inovasi Ekosistem Keuangan Digital

Berita Bisnis-Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam kesempatan ini menyampaikan komitmen pihaknya

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
istimewa
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar acara OJK Virtual Innovation Day 2021, ini juga merupakan bagian dari rangkaian Ulang Tahun OJK yang ke-10 tahun, yang mengusung tema Building Robust and Sustainable Digital Finance Ecosystem Amid Covid-19 Pandemic.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dalam kesempatan ini menyampaikan komitmen pihaknya dalam mendukung pengembangan inovasi ekosistem keuangan digital yang saling terintegrasi, dan ini tak lepas dari semakin majunya dunia teknologi informasi.

"Masa pandemi ini mempunyai momentum yang besar hadirnya digital diantara kita semua baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan bisnis kita, dan ini juga berkaitan dengan tema hari ini," jelasnya.

"kami ingin menyampaikan kebijakan OJK dalam bagaimana kita mengakselerasi transformasi digital di sektor jasa keuangan dengan memanfaatkan potensi ekonomi digital di Indonesia yang sungguh luar biasa kita negara yang kepulauan ini," tambahnya.

Kehadiran teknologi mempermudah di seluruh aspek kehidupan, yang tadinya susah, karena digital hingga tidak mempunyai batasan ruang dan waktu dalam segala produk dan kegiatan kita sehingga semua produk bisa diakses dibeli kapan saja di mana saja tanpa ada batasan.

Karena hal tersebut, bermunculan berbagai produk yang menggunakan digital diantaranya ada startup bukan hanya fintech namun juga agritech ada edutech, dan ada e-commerce.

"Dan ini luar biasa, ini juga mempermudah kehidupan kita mempermudah masyarakat untuk akses dengan cepat dan mudah, dapat kami sampaikan bapak presiden hingga saat ini telah terdapat 2100 startup di Indonesia dimana sampai dengan September 2021 terdapat tujuh unicorn dan 2 decathlon yang telah merambah ke pasar Asia," lanjutnya.

"Pertumbuhan inovasi ini tidak terlepas dari kebijakan otoritas, tidak hanya OJK, tapi seluruh pemangku kepentingan. Kebijakan kita bukan kebijakan yang membatasi tapi mendorong dan sangat mendukung, hadirnya digital ini karena masyarakat mendapatkan manfaat paling besar terutama di sektor jasa keuangan," jelasnya.

OJK sangat berperan strategis untuk mendukung pengembangan inovasi dalam satu ekosistem keuangan digital secara terintegrasi lembaga Jasa Keuangan di Indonesia, OJK juga bekerjasama dengan negara-negara lain yang mempunyai kewenangan dalam mengatur di sektor keuangan.

"Kita juga mendapat dukungan dari World Bank dan Asian development Bank yang telah membantu kita dalam mengembangkan berbagai kebijakan ini agar relevan dan sejalan dengan kebijakan-kebijakan secara global," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved