Breaking News:

Hingga Triwulan Tiga, Jasa Raharja Telah Santunkan 23,4 Miliar

Jasa Raharja juga menyerahkan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas, serta melakukan pembangunan

Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Hingga Triwulan Tiga, Jasa Raharja Telah Santunkan 23,4 Miliar 

DALAM sebuah perusahaan yang menjalankan Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (DKLLJ), Jasa Raharja memiliki tugas pokok penting yaitu memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat dengan menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat guna memenuhi pemberian hak kepada masyarakat atas santunan.

Di samping itu Jasa Raharja juga menyerahkan santunan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas, serta melakukan pembangunan negara melalui deviden.

Dalam menjalankan program tersebut, Jasa Raharja telah menyerahkan santunan hingga September 2021 sebesar 23,4 miliar naik 3,5% dibanding hingga September 2020 sebesar 22,8 miliar.

Lebih rinci, Jasa Raharja menyerahkan santunan kepada korban yang meninggal dunia sebesar 15,1 miliar hingga September 2021 atau naik 10% dibanding hingga 2020 sebesar 13,7 mililar.

Lebih lanjut Jasa Raharha juga menyerahkan santunan korban luka-luka sebesar 7,8 miliar atau turun 6% dibanding hingga Juni 2020 sebesar 8,3 miliar.

Korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Provinsi Jambi, korban yang mengalami luka berat, dan meninggal dunia masih banyak dialami pengendara sepeda motor sebanyak 46% dari total pengendara kendaraan lainnya seperti mobil dan truk.

Seperti dijelaskan Kepala Cabang Jasa Raharja Jambi, M. Zulham Pane, mayoritas berjenis kelamin laki-laki sebanyak 71% dari total korban dan rata-rata berusia 15-24 tahun sebanyak 31% dari total korban.

"Rata-rata penyelesaian berkas santunan sampai dengan bulan September 2021 sejak tanggal kecelakaan tidak sampai 2 hari yaitu sebesar 1,49 hari," jelas Zulham.

Jasa Raharja juga memiliki program pencegahan kecelakaan di mana hingga September 2021 telah menyalurkan sarana pencegahan kecelakaan berupa lifebuoy dan ringbuoy melalui BPTD wilayah V Provinsi Jambi serta sarana pencegahan juga disalurkan langsung ke pemilik kapal di Kawasan wisata Danau Sipin.

"Selain itu, rutin dilaksanakan pelayanan kesehatan gratis berupa pengecekan rapid test antigen bekerjasama dengan Kimia Farma bagi para awak kendaraan umum seperti di PO Jambi Transport dan PO Damri, serta konsultasi Kesehatan gratis dengan bekerjasama dengan Biddokes Polda Jambi yang diselenggarakan di kawasan wisata Danau Sipin," lanjutnya.

Tidak hanya fokus dalam menjalankan amanah utama, Jasa Raharja juga memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) yang dinaungi Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

"Hingga triwulan III ini, Jasa Raharja banyak mengadakan kegiatan sosial berupa bantuan 100 paket sembako melalui Pemerintah Kota Jambi, bantuan penanaman bibit pohon melalui Dinas Lingkungan Hidup, menyelenggarakan pelatihan teknik pewarnaan kain shibori kepada teman disabilitas, bantuan 100 paket sembako ke lingkungan kantor yang terdampak pandemic covid19, serta pelatihan kewirausahaan untuk para ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di Provinsi Jambi," tutupnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved