Breaking News:

Berita Sarolangun

Edi Purwanto Soal Polemik Batu Bara di Sarolangun: Minggu Ini Dirapatkan dengan Stakeholder

Berita Sarolangun-Edi Purwanto ketua DPRD provinsi Jambi menangapi pelomik yang ada di provinsi Jambi terkhusus di Kabupaten Sarolangun.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Nani Rachmaini
RIFANI HALIM/TRIBUNJAMBI.COM
Edi Purwanto 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Edi Purwanto ketua DPRD Provinsi Jambi menangapi pelomik yang ada di provinsi Jambi terkhusus di Kabupaten Sarolangun.

Di menyampaikan tiga poin yakni Powerplan di tingkat pusat yang harus dihidupkan kembali, kedua ada jalan khusus batu bara dan yang terakhir pelebaran jalan nasional.

Hal itu disampaikan oleh Edi Purwanto usia menghadiri paripurna istimewa DPRD kabupaten Sarolangun dalam rangka HUT Sarolangun ke-22.

Di menyebutkan, penanganan batu bara dalam minggu ini akan dirapat dengan stakeholder, guna membahas persoalan tersebut.

"Ketiga ini mungkin untuk kita lakukan pendalaman, hal ini sudah kita bicara dengan pak gubernur. Minggu ini juga akan kita coba rapat dengan stakeholder yang terlibat disiti," kata Edi Purwanto, Selasa (12/10/2021).

Edi menjelaskan, melihat kondisi ini pontensi batu bara yang cukup menjanjikan, dengan harga tertinggi. Artinya hal ini berdampak bagus dan perlu dibicarakan dengan pengusaha batu bara, agar jalan khusus batu bara bisa dilaksanakan.

Soal semen Baturaja, hal tersebut tentu sangat bagus untuk masyarakat sarolangun. Tentu akan dilakukan kajian strategisnya.

"Hal ini yang menjadi kendala kita, infrastruktur merupakan hal yang utama bagi kita. Selain itu banyak persoalan ada kemiskinan, pengangguran dan lainnya. Namun infrastruktur menjadi prioritas kita saat ini," jelasnya.

Keterbatasan anggaran, lantaran covid-19 yang masih dalam upaya penanganan. Tentu menjadi kendala saat ini. Namun diupayakan memprioritaskan program-program yang harus didorong secara bersama.

"Bukan berarti kita mengabai program yang lain, namun kita utama yang paling darurat saat ini," sebut Edi.

Perihal peti, dengan aktivitas PETI, ilegal drilling harus ditindak tegas pelaku. Semua instansi terkait harus bekerjasama untuk mencari solusinya.

"Siapa yang bermain disana, kita harus memiliki komitmen bersama dan kesadaran politik kita. Bagaimana kita memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dampak dari aktivitas ilegal tersebut," ujar Edi.

Edi berharap, izin pertambangan rakyat segera terealisasikan, sehingga pertambangan rakyat berjalan dan lingkungan tetap terjaga dengan baik. Kemudian PAD dapat mensejahterakan masyarakat.

"Insya'Allah minggu ini menteri ESDM akan berkunjung ke Jambi untuk membahas persoalan tersebut. Semoga nanti ada solusi yang terbaik terkait persoalan ilegal minning maupu ilegal drilling," tutup Edi.
(Tribun Jambi/Rifani Halim)

Baca juga: Hari Keempat Operasi Penindakan Polda Jambi dan Jajaran, Sopir Truk Batu Bara Mulai Ikut Aturan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved