Breaking News:

Berita Tanjabtim

Sebanyak 279 Jabatan di Pemkab Tanjabtim akan Disederhanakan

Terdapat 279 jabatan pengawas atau Eselon IV dilingkup Pemkab Tanjabtim akan disederhanakan dari struktural menjadi pejabat fungsional.

Tribun Jambi/Zulkifli
ASN eselon 3 dan 4 di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Berdasarkan hasil identifikasi dan pemetaan, terdapat 279 jabatan pengawas atau Eselon IV dilingkup Pemkab Tanjabtim akan disederhanakan dari struktural menjadi pejabat fungsional.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tanjabtim, Abdul Rozak menjelaskan, terkait hal ini Pemkab Tanjabtim sudah mendapatkan persetujuan dari pimpinan (Kepala Daerah) untuk penyederhanaan struktur organisasi, yang ditindaklanjuti dengan proses usulan untuk penyetaraan jabatan.

"Itu sudah kita lakukan, dan tinggal menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Jambi," jelasnya, Senin (11/10/2021).

Jika proses tersebut sudah selesai, lanjutnya, maka akan dilanjutkan dengan pelantikan atau pengukuhan terhadap ratusan jabatan fungsional itu.

Sesuai dengan batas waktunya, diakhir bulan Desember 2021 mendatang sudah harus clear terkait penyetaraan jabatan fungsional ini.

"Kita diberi waktu sampai dengan Desember nanti. Jadi semuanya sudah harus selesai sampai dengan waktu yang ditentukan," terangnya.

Menurutnya, penyederhanaan birokrasi ini filosofinya adalah untuk memangkas birokrasi. Dimana terjadinya perampingan struktur organisasi.

Dicontohkannya, jika sebelumnya dibawah Bidang ada Kepala Seksi, setelah adanya penyederhanaan birokrasi ini, jadi tidak ada lagi Kepala Seksi.

"Jadi dibawahnya langsung kelompok jabatan fungsional. Jabatan fungsional ini lebih mengarah lagi kepada keahlian, agar ASN lebih profesional dalam bekerja," ungkapnya.

Ditambahkannya, berdasarkan instruksi dari Pusat terkait dengan adanya penyetaraan jabatan ini, penghasilannya tidak boleh berkurang dari jabatan sebelumnya. Jadi penghasilan minimal harus sama, hanya tupoksinya saja yang berbeda.

"ASN yang jabatannya sudah penyederhanaan ke fungsional, bukan lagi termasuk dalam struktur organisasi," tutupnya.

Baca juga: Pemerintah Pusat Berencana Ubah Skema Subsidi Gas 3 Kg, Pemkab Tanjabtim Malah Usul Penambahan

Baca juga: Tahun 2021 Pemkab Tanjabtim Kucurkan Rp 495 Juta untuk Masjid hingga Madrasah

Baca juga: Benarkah Kartu Vaksin Berpengaruh Bagi Penerima PKH Ini Penjelasan Pemkab Tanjabtim?

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved