Breaking News:

Tidak Ada Sinyal Telepon, Warga Desa Sungai Terap Tanjab Barat Andalkan Antena Rakitan

Tinggal di wilayah pelosok, akses masyarakat Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara, Tanjab Barat, terhadap internet sangat sulit.

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Danang
Sutris, sejak delapan bulan terakhir ia menjual jasa pasang antena penguat signal. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Tinggal di wilayah pelosok, akses masyarakat Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara, Tanjab Barat, terhadap internet sangat sulit.

Untuk bisa mendapatkan signal yang kuat, warga biasanya akan mencari tempat yang lebih tinggi agar bisa mengakses internet.

Dimasa pandemi Covid-19 saat ini keberadaan jaringan internet menjadi hal yang sangat penting, mulai dari kegiatan kantor, kegiatan sekolah, saat ini didorong untuk bisa memanfaatkan akses internet untuk menimimalisir adanya kerumunan.

Hal tersebut menjadi peluang bagi Sutris, sejak delapan bulan terakhir ia menjual jasa pasang antena penguat signal agar komunikasi menjadi lebih lancar.

Untuk pembuatan satu unit antena ia mematok harga Rp 800 ribu,  dengan ketinggian mencapai delapan belas meter, warga yang mengguakan telepon pintar (smartphone) dapat mengakses jaringan internet dan media komunikasi seperti whatsapp baik untuk chatting, telepon ataupun video call.

Saat ini warga memasang antenna kebanyakan untuk keperluan anak sekolah dan belajar daring, dalam satu bulan Sutris mengaku bisa memasang pesanan antena 10 hingga 20 unit.

Baca juga: Syafrizal Lubis Targetkan Partai Perindo di Tanjab Barat Dapat 5 Kursi DPRD

Baca juga: Partai Perindo Tanjab Barat Bagikan Nasi Bungkus ke Tukang Becak

Warga parit Cabang, Azhar mengaku biasanya ia harus susah payah mencari signal untuk bisa menghubungi keluarganya, namun dengan adanya pemasangan antena ini ia cukup terbantu karena bisa berkomunikasi melalui smartphone.

Ia berharap pemerintah dapat membangun tower telekomunikasi agar warga yang ada di daerah tersebut bisa menikmati akses internet, baik untuk komunikasi ataupun belajar daring. Minggu (10/10/2021).

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved